Joe Biden Menang Pilpres AS 2020, Peluncuran Galaxy S21 Dimajukan?

Joe Biden Menang Pilpres AS 2020, Peluncuran Galaxy S21 Dimajukan?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 09 Nov 2020 16:18 WIB
Samsung Galaxy S21
Foto: Istimewa/OnLeaks
Jakarta -

Samsung disebut bakal mempercepat peluncuran ponsel flagship mereka, yaitu Galaxy S21. Salah satu penyebabnya adalah kemenangan Joe Biden di Pilpres AS 2020. Apa hubungannya?

Dilansir Reuters, Senin (9/11/2020), setidaknya ada tiga sumber yang menyebut Samsung akan memajukan peluncuran Galaxy S21 itu ke bulan Januari. Tujuannya adalah untuk mengambil pangsa pasar Huawei, dan menghadapi persaingan dari Apple.

Huawei adalah pesaing terdekat Samsung dalam hal pangsa pasar ponsel global. Bahkan, raksasa asal China itu sempat menempati posisi teratas meski kini sudah disalip kembali oleh Samsung.

Sebabnya Huawei selama beberapa waktu ke belakang menghadapi tekanan dari pemerintah Amerika Serikat lewat berbagai aturan impor dan masuknya mereka ke dalam daftar hitam perusahaan yang dilarang berbisnis dengan perusahaan AS, juga dengan perusahaan yang menggunakan teknologi asal AS.

Namun dengan menangnya Joe Biden di Pilpres AS 2020, tekanan dari pemerintah AS akan melunak. Meski tampaknya perjalanan Huawei untuk melobi dibukanya pemblokiran tersebut masih jauh.

Namun tampaknya Samsung tak mau mengambil risiko itu, dan bakal meluncurkan Galaxy S21 sebulan lebih cepat dari biasanya. Seperti diketahui, Galaxy S20 diluncurkan pada awal Maret 2020, dan kabarnya, Galaxy S21 bakal diluncurkan pada akhir Januari 2021 mendatang.

Samsung sendiri menolak untuk mengomentari rumor dan spekulasi ini.

Pada Q2 2020, pengapalan Galaxy S20 5G di AS menurun 59% dibanding peluncuran model sebelumnya dalam periode yang sama tahun 2019 lalu. Sementara itu, Apple malah mengapalkan 15% iPhone 11 lebih banyak pada 2020 dibanding iPhone XR pada 2019 lalu.

Meski bisa kembali menyalip Huawei, Samsung juga mendapat tekanan dari perusahaan China lain seperti Xiaomi dan Oppo yang juga mengambil keuntungan dari tekanan terhadap Huawei dari pemerintah AS.



Simak Video "Cuitan Melania Trump Usai Joe Biden Kalahkan Suaminya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)