Mantan Karyawan Dropbox dan Microsoft Bikin Alternatif VPN Baru

Mantan Karyawan Dropbox dan Microsoft Bikin Alternatif VPN Baru

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 01 Nov 2020 22:05 WIB
Opera VPN
Ilustrasi VPN. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Seiring karyawan di seluruh dunia beralih ke bekerja dari rumah, layanan VPN mumpuni untuk mendukung tenaga kerja jarak jauh dalam jumlah besar pun diperlukan. Twingate pun muncul mengambil kesempatan dari kondisi ini.

Karena alasan tersebut sejumlah perusahaan mulai menawarkan alat akses jarak jauh baru yang menawarkan keamanan dan kecepatan dibandingkan VPN perusahaan yang sudah ada. Twingate, adalah salah satu perusahaan tersebut dan baru-baru ini mengumumkan bahwa VPN mereka sekarang tersedia secara global.

Twingate didirikan oleh Tony Huie, Alex Marshall, dan Lior Rozner dan timnya untuk membangun alternatif VPN baru yang berfokus pada keamanan dan kemudahan manajemen dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan saat membuat produk di Dropbox dan Microsoft.

Di halaman situsnya, para pendiri Twingate menjelaskan apa yang membuat mereka mulai membangun perusahaan VPN ini pada tahun 2018.

"Kami mulai membangun Twingate pada 2018 untuk mengatasi tantangan yang dihadapi setiap perusahaan seputar pengamanan akses jarak jauh," kata mereka seperti dikutip dari TechRadar.

"Meskipun hampir setiap teknologi berevolusi selama 15 tahun sebelumnya dan berpindah ke cloud, dan meskipun cara orang bekerja juga telah berubah, kami kagum mengetahui bahwa akses jarak jauh masih banyak disediakan melalui VPN, teknologi yang sebagian besar tidak berubah sejak saat itu," sambung mereka.

Kesimpulan mereka memperlihatkan bahwa perusahaan dan organisasi merasa jalur migrasi yang kompleks dan kurangnya kemudahan penggunaan VPN menjadi hambatan untuk mengadopsi pendekatan kerja jarak jauh yang lebih baik dan lebih aman. Dan karenanya, mereka mencoba menawarkan layanan VPN yang diklaim menjawab persoalan tersebut.

Twingate mengklaim layanan VPN-nya bisa di-deploy dalam waktu kurang dari 15 menit. Selain itu, mereka juga menawarkan sejumlah manfaat bagi end-user termasuk overlay jaringan yang memberi mereka akses langsung ke informasi dan aplikasi yang dibutuhkan, tunneling cerdas yang memisahkan traffic secara otomatis, pengoptimalan kemacetan jaringan, dan pengalaman ala Dropbox yang minim interaksi pengguna.

Di sisi keamanan, solusi Twingate dipromosikan mendukung zero trust, sejumlah pemeriksaan keamanan kriptografi per koneksi, dan network cloaking. Twingate juga terintegrasi dengan penyedia identitas utama seperti Okta, Google dan Microsoft untuk menyediakan akses yang diklaim aman.



Simak Video "Mantap! Pegawai Microsoft Boleh WFH Selamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)