Pilih iPhone atau Android? Pikirkan Pertimbangannya

Pilih iPhone atau Android? Pikirkan Pertimbangannya

Tim - detikInet
Selasa, 27 Okt 2020 08:50 WIB
Samsung Galaxy S9 Plus
Android vs iPhone. Foto: Yulius Dimas Wisnu Adi Winarto/detikINET
Jakarta -

Jika mau beli HP saat ini, alternatifnya adalah Android atau iPhone. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Mana yang paling cocok? Berikut sekilas panduannya seperti dihimpun detikINET dari berbagai sumber.

Sekilas iPhone vs Android

HP Android, sesuai namanya, memakai OS Android yang dikembangkan Google. Versi murninya ada di HP Google Pixel, sedangkan vendor lain seperti Samsung, Oppo, Vivo, Huawei atau Xiaomi memberi sentuhan desain masing-masing di atas Android atau istilahnya user interface.

iPhone berbasis iOS yang dikembangkan oleh Apple. iOS dan hardware iPhone dibuat khusus oleh Apple sendiri dan tidak tersedia untuk vendor lain.

Fungsi dasar kedua OS tersebut sebenarnya sama saja. Bisa buat menelepon, mengirim pesan, mengambil foto dan menjalankan beragam aplikasi. Keduanya juga saling tiru fitur masing-masing sehingga dalam tahap saat ini, hampir semua fungsinya tidak jauh berbeda.

Salah satu keunggulan Android adalah banyaknya pilihan karena bermacam vendor yang menjual HP-nya. Di segmen high end ada cukup banyak model, apalagi di kelas menengah ke bawah. Desainnya pun bermacam-macam, bahkan yang unik pun ada seperti LG Wings yang belum lama ini diluncurkan.

Adapun iPhone dan iOS-nya lebih terbatas, wajar saja, hanya berasal dari satu produsen yaitu Apple. Yang terbaru adalah iPhone 12 dengan 3 varian. Ada pula iPhone XR dan iPhone 11 yang masih dipertahankan Apple. Kemudian ada pilihan model jadul di iPhone SE 2020.

Software iPhone vs Android

Ada beberapa perbedaan kunci di Android dan iOS yang diandalkan iPhone. Android lebih mudah diubah atau dikustomisasi sesuai selera. Terlebih tiap vendor punya ciri khas tersendiri. Seluruh tampilan Android bisa diubah baik secara manual maupun dengan launcher.

Android juga memungkinkan user mengganti layanan yang sudah ada ke layanan lain pilihannya. Sebut saja browser, keyboard atau pemutar musik. iOS memang sudah mengarah ke sini, tapi tetap belum sebebas Android.

Sedangkan keunggulan iOS banyak yang mengatakan lebih mudah dipakai, lebih konsisten, aman dan lebih rutin mendapatkan update software. Namun demikian soal kustomisasi, user tidak bisa berharap banyak jika dibandingkan dengan Android.

Soal aplikasi, kebanyakan aplikasi besar tersedia di kedua platform. Kadang memang ada aplikasi yang muncul lebih dulu di Android atau sebaliknya, di iOS paling awal. Tapi biasanya, aplikasi ternama selalu ada baik di Android maupun iPhone walau dalam skenario tidak bersamaan kemunculannya.

Hardware iPhone vs Android

Walaupun secara spesifikasi tidak segahar HP Android, iPhone biasanya lebih mulus pengoperasiannya, minim lag dan andal dalam multitasking. Karena dikontrol penuh Apple, integrasi software dan hardwarenya cenderung lebih baik.

Adapun HP Android biasanya performanya amat tergantung harga. HP Android di kelas high end mampu menyaingi pengalaman pemakaian iPhone walau dengan spek yang biasanya lebih tinggi. Semakin murah HP Android, biasanya makin tampak gejala lag dan sejenisnya.

Namun HP Android karena banyak modelnya, tak sedikit yang menawarkan hal-hal yang tidak ada di iPhone. Sebut saja colokan earphone, slot microSD sampai baterai lebih gahar dengan teknologi isi ulang lebih cepat. Belum lagi karena ketatnya kompetisi, kadang vendor Android mengeluarkan terobosan yang bagus.

Soal kamera, iPhone sejak lama dikenal menghasilkan foto yang berkualitas, walaupun mungkin secara resolusi dan jumlah lensa lebih sedikit dibandingkan HP Android. Namun demikian, HP Android zaman sekarang pun sudah menandingi kamera iPhone, bahkan melebihinya di model tertentu.

Kesimpulan iPhone vs Android

Jadi pilih yang mana, Android atau iPhone? iPhone menjanjikan pemakaian smartphone yang lebih stylish, mulus dan stabil, dengan interface yang mudah digunakan. Istilahnya tidak perlu mikir, tinggal pakai. Update software pun selalu rutin diberikan, bahkan iPhone generasi lama pun mendapatkan iOS generasi baru selama bertahun-tahun.

Sedangkan Android lebih bebas dan merdeka, istilahnya user bisa banyak mengutak atik software dan tampilan smartphone-nya. Integrasi layanan Google yang besar manfaatnya pun lebih mendalam. Model HP Android pun bermacam-macam, tak sedikit yang terasa lebih premium dari iPhone, bahkan ponsel layar lipat pun sudah ada. Jadi, tinggal pertimbangkan masak-masak dan jatuhkan pilihan.

(fyk/rns)