Pre-order Huawei Mate 40 Kalahkan iPhone 12 di China

Pre-order Huawei Mate 40 Kalahkan iPhone 12 di China

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 27 Okt 2020 08:16 WIB
Huawei Mate 40
Pre-order Huawei Mate 40 Kalahkan iPhone 12 di China. Foto: screenshot/detikINET
Jakarta -

Penggemar gadget di China baru-baru ini kedatangan dua ponsel flagship yang meluncur di waktu berdekatan yaitu iPhone 12 dan Huawei Mate 40. Ternyata pre-order Huawei Mate 40 berhasil mengalahkan iPhone 12 di kandangnya.

Berdasarkan pre-order yang dibuka situs e-commerce JD.com pada Jumat lalu, Huawei Mate 40 langsung ludes dipesan dalam waktu 28 detik. Sedangkan iPhone 12 membutuhkan waktu 30 detik untuk terjual habis dalam pre-order di situs yang sama, seperti dikutip detikINET dari Global Times, Selasa (27/10/2020).

Pada Jumat siang, sistem pre-order JD.com langsung menunjukkan bahwa stok Mate 40 sudah hampir habis. Padahal Huawei belum mengumumkan harga ponsel flagship terbarunya tersebut, tapi banyak konsumen sudah memilih untuk membayar biaya booking sebesar 100 Yuan.

Sementara itu di situs e-commerce Tmall menunjukkan lebih dari 5 juta konsumen mencari Mate 40 di toko flagship Huawei hanya beberapa saat setelah ponsel tersebut diumumkan.

Dalam waktu tujuh hari sebelum Mate 40 dipamerkan, angka pencarian dengan kata kunci seperti Huawei Mate 40 di Tmall mencapai lebih dari 1 juta. Tmall sendiri membatasi jumlah unit ponsel yang bisa dibeli konsumen saat pre-order.

Angka penjualan ini menunjukkan konsumen China masih antusias menyambut ponsel flagship dari Huawei meski raksasa teknologi tersebut terus ditekan oleh pemerintah Amerika Serikat. Apalagi Mate 40 dirumorkan akan menjadi ponsel flagship Huawei terakhir yang menggunakan chipset Kirin buatan sendiri.

Director General Information Consumption Alliance Xiang Ligang mengatakan prospek jangka panjang bisnis ponsel flagship Huawei sedikit tidak pasti. Tapi bisa saja bisnis Huawei tidak akan terpengaruh karena banyak produsen chipset asal AS sudah mencari lisensi untuk menjual produknya kepada Huawei.

"Huawei mencoba mengambil alih penjualan Mate 40 karena suplai chip yang terbatas, sedangkan Apple mencoba menguasai harga seri iPhone 12 untuk menjaga posisinya di sektor ponsel high-end," kata Xiang.

Apple sendiri mulai membuka penjualan iPhone 12 di China pada pekan lalu. Perusahaan asal China ini menjual lebih dari 150.000 iPhone 12 di China dalam pre-order yang buka selama tiga hari, berdasarkan data dari e-commerce China dan distributor Apple.

Bersdasarkan data IDC, Huawei dan Apple menguasai 88,1% segmen ponsel high-end di China pada paruh pertama tahun 2020. Dalam segmen ini, pangsa pasar Huawei sebesar 44,1%, hanya unggul 0,1% dibanding Apple.



Simak Video "Peluncuran iPhone 12 Jadi Trending Topic di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/rns)