Microsoft Mulai Matikan Internet Explorer

Microsoft Mulai Matikan Internet Explorer

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 26 Okt 2020 19:41 WIB
Internet Explorer
Microsoft Mulai Matikan Internet Explorer Foto: Internet
Jakarta -

Microsoft sudah memulai proses untuk mematikan browser Internet Explorer (IE). Mulai bulan depan, beberapa situs tidak akan bisa dibuka menggunakan IE dan akan secara otomatis dibuka di Microsoft Edge.

Microsoft sudah mulai menggulirkan fitur ini secara bertahap kepada segelintir pengguna untuk Edge versi 84. Tapi dengan diluncurkannya Edge versi 87 yang akan dirilis bulan depan, Microsoft akan menerapkannya kepada semua pengguna.

Dikutip detikINET dari Bleeping Computers, Senin (26/10/2020) Microsoft mengatakan ada 1.156 situs yang tidak lagi bisa dibuka menggunakan IE. Di antara ribuan situs ini ada beberapa situs populer seperti Twitter, Facebook, Instagram, Google Drive, Microsoft Teams, dan lain-lain.

Pengalihan ini dilakukan menggunakan Internet Explorer Browser Helper Object (BHO) bernama IEtoEdge BHO. Saat sedang menjelajahi internet, BHO ini akan mengecek apakah situs tersebut mendukung IE atau tidak.

Jika ternyata tidak mendukung, BHO akan secara otomatis membuka situs tersebut di Microsoft Edge sekaligus menampilkan pesan berisi, "This website doesn't work with Internet Explorer!".

Saat menampilkan pesan peringatan itu, Edge juga akan mendorong pengguna IE untuk memindahkan data, pengaturan, dan cookies ke Edge. Jika pengguna memilih untuk tidak memindahkan datanya, mereka tetap bisa menjalajahi situs tersebut di Edge dengan klik 'Continue Browsing'.

Ketika situs sudah dibuka di Edge, tab di IE untuk situs yang tidak bisa dibuka akan langsung ditutup secara otomatis jika tidak memiliki konten. Jika tidak, pengguna akan diarahkan ke halaman dukungan Microsoft yang menjelaskan bahwa situs yang ingin dikunjungi tidak bisa dibuka dengan Internet Explorer.

Selain pengalihan ke Edge, Microsoft sudah berencana menghentikan sejumlah dukungan untuk Internet Explorer terkait beberapa layanannya. Perusahaan besutan Bill Gates ini sudah menjadwalkan akan menghentikan semua dukungan untuk Internet Explorer pada 17 Agustus 2021.

Dalam email untuk pengguna bisnis, Microsoft memperingatkan mereka bahwa mulai 13 November Internet Explorer tidak bisa lagi dipakai untuk login ke akun Microsoft. Sedangkan lewat blog post di bulan Agustus, Microsoft Teams tidak lagi mendukung Internet Explorer 11 mulai 30 November.



Simak Video "Siap-siap Ucapkan Selamat Tinggal pada Internet Explorer"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)