Wujud Minimalis Kemasan iPhone Tanpa Charger dan Earphone

Wujud Minimalis Kemasan iPhone Tanpa Charger dan Earphone

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 16 Okt 2020 21:15 WIB
iPhone 12 Pro Max
iPhone 12. Foto: Apple
Jakarta -

Dengan alasan ingin lebih ramah lingkungan, Apple memutuskan menyingkirkan charger serta earphone yang biasanya selalu ada di kemasan iPhone. Kini, baik iPhone 12 maupun iPhone generasi lama yang masih dipasarkan akan dijual dalam kemasan yang jauh lebih minimalis.

Sebuah video beredar di Twitter yang menayangkan seperti apa kemasan versi baru kemasan iPhone yang tidak berisi charger maupun earphone. Dibagikan oleh akun DuanRui di Twitter, kemasan yang tampil disebut berisi iPhone 11, tapi kemungkinan sama saja bentuknya untuk iPhone 12.

Video pendek itu memperlihatkan bahwa boks iPhone sekarang jauh lebih kecil dibandingkan sebelumnya alias minimalis. Karena iPhone 12 hanya sedikit lebih kecil dari iPhone 11, dalam hitungan milimeter saja, kemasannya kemungkinan berukuran sama seperti itu.

Hilangnya charger dan earphone dari kemasan iPhone 12 menimbulkan suara pro dan kontra. Kebanyakan yang kontra tentunya menilai sudah beli iPhone dengan harga mahal tapi masih harus membeli pengisi dayanya secara terpisah merupakan hal yang mengecewakan.

Vice President Environmental, Social and Policy Initiatives Apple Lisa Jackson mengatakan selain memangkas biaya produksi, kebijakan baru ini juga akan membuat Apple menjadi lebih ramah lingkungan karena mengurangi limbah.

"Kami berharap orang lain akan mengikuti, membuat dampak ini semakin besar bagi planet kita," kata Jackson tentang upaya Apple mengurangi emisi karbon.

Beberapa pihak pun mengkhawatirkan langkah Apple bakal ditiru oleh vendor ponsel lain. Namun sejauh ini, kecemasan itu belum ada buktinya. Malah Xiaomi menyindir Apple soal kebijakan barunya itu.

Dalam sindiran untuk iPhone 12 itu, Xiaomi memposting video isi kotak Mi 10T Pro, yang berisi charger 33W. "Don't worry, we didn't leave anything out of the box with the #Mi10TPro," tulis Xiaomi.



Simak Video "Tak Hanya iPhone 12, iPhone Sebelumnya Kini Dijual Tanpa Charger"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)