Buat Ponsel Gaming, Tak Cuma Refresh Rate yang Penting

Buat Ponsel Gaming, Tak Cuma Refresh Rate yang Penting

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 16 Okt 2020 09:14 WIB
Ilustrasi Smartphone
Ilustrasi Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Sudah banyak pabrikan ponsel menghadirkan layar dengan refresh rate tinggi sampai 120Hz. Namun untuk keperluan bermain game, refresh rate bukan satu-satunya hal yang penting.

Kemampuan lain yang juga penting adalah touch sampling rate yang tinggi. Tujuannya tentu adalah memberikan sensitivitas layar yang tinggi.

Touch sampling rate secara sederhana dimaknai sebagai tingkat responsivitas layar terhadap perintah dari sentuhan oleh ujung jari dalam satu detik untuk kemudian memberi respon pada gambar selanjutnya.

Dengan touch sampling rate yang tinggi, sebuah smartphone akan lebih sigap menerima perintah dari pengguna dan lebih cepat dalam menampilkan gambar selanjutnya di layar.


Sebuah smartphone dengan angka touch sampling rate 240Hz memberikan respon 33% lebih baik dibanding ponsel pada umumnya.

Istilah touch sampling rate berbeda dengan refresh rate yang mengukur seberapa banyak gambar yang bisa diperbaharui (refresh) setiap detik. Untuk itulah, apabila sebuah layar smartphone memiliki refresh rate 120Hz berarti setiap detik layarnya bisa memperbaharui 120 gambar.

Dibandingkan dengan standar industri 60Hz, artinya layar smartphone dengan kemampuan 120Hz mampu menampilkan pergerakan gambar yang lebih halus karena refresh rate lebih tinggi.

Keberadaan touch sampling rate sangat terkait dengan refresh rate dalam menaikkan kelas permainan dengan tampilan yang lebih halus serta respon yang lebih cepat. Layar pun bisa menjadi faktor penentu kemenangan dalam sebuah sesi bermain.



Simak Video "Xiaomi Produksi HP Pakai Robot, Gimana Nasib Karyawan?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)