iPhone 12 Mini Bisa Bunuh Tren Ponsel Ukuran Jumbo

iPhone 12 Mini Bisa Bunuh Tren Ponsel Ukuran Jumbo

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 16 Okt 2020 05:20 WIB
iPhone 12
iPhone 12 Mini Diprediksi Bisa Akhiri Tren Ponsel Jumbo (Foto: Apple)
Jakarta -

Apple memamerkan empat varian iPhone 12 dalam event yang dihelat Selasa (13/10) lalu. Analis memperkirakan varian yang akan sukses besar adalah iPhone 12 mini karena ukurannya yang paling kecil.

Seperti diketahui iPhone 12 mini adalah ponsel flagship terkecil dari Apple saat ini dengan ukuran layar 5,4 inch. Analis percaya dengan mengenalkan iPhone 12 mini tren ponsel flagship berukuran jumbo akan berakhir.

"Berita besar buatku adalah iPhone 12 mini," kata analis dari CCS Insight Ben Wood seperti dikutip detikINET dari The Guardian, Jumat (16/10/2020).

"Setelah bertahun-tahun ponsel menjadi semakin besar, Apple membalikkan tren dengan menawarkan produk flagship dengan kemasan yang lebih kecil. Saya pikir ini akan menjadi langkah yang sangat populer," sambungnya.

Wood menambahkan mengingat banyak vendor ponsel yang meniru langkah Apple ia memperkirakan akan ada lebih banyak ponsel flagship mini yang meluncur dalam setahun ke depan.

Selain mengusung harga yang lebih terjangkau, iPhone 12 mini juga bisa mengatasi masalah bias gender di desain ponsel saat ini. Banyak pihak yang mengatakan ukuran ponsel saat ini terlalu besar untuk digunakan perempuan.

"Rata-rata ponsel saat ini berukuran 5,5 inch...laki-laki pada umumnya bisa menggunakan perangkatnya dengan nyaman menggunakan satu tangan - tapi tangan perempuan tidak lebih besar dari perangkat itu sendiri," kata penulis Caroline Criado Perez dalam bukunya Invisible Women.

Hal ini bisa mendorong pengguna yang menggunakan iPhone jadul berukuran kecil untuk upgrade ke iPhone 12 mini. Selain iPhone 12 mini, Apple baru-baru ini juga mengenalkan iPhone SE (2020) tapi perangkat tersebut bukan termasuk ponsel flagship.

Tapi prediksi Wood tidak sejalan dengan prediksi analis Ming-Chi Kuo yang memperkirakan iPhone 12 6,1 inch akan menjadi model yang paling laris. Ia beralasan ukuran iPhone 12 mini terlalu kecil untuk menarik perhatian publik.

iPhone 12 mini dikenalkan bersama tiga varian lainnya yaitu iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. Ponsel ini dilepas dengan harga mulai dari USD 699 atau sekitar Rp 10,3 juta untuk varian 64GB hingga USD 849 atau sekitar Rp 12,6 juta untuk varian 256GB.



Simak Video "Peluncuran iPhone 12 Jadi Trending Topic di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)