Ponsel Android Mana yang Jadi Saingan iPhone 12?

Ponsel Android Mana yang Jadi Saingan iPhone 12?

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 15 Okt 2020 09:41 WIB
iPhone 12 Pro
iPhone 12 Pro. Foto: Apple
Jakarta -

Dibandingkan beberapa tahun lalu, secara teknologi hardware, iPhone masa kini tidak jomplang lagi jika disandingkan dengan flagship Android. Dengan meluncurnya iPhone 12, kira-kira ponsel Android mana yang bakal jadi saingannya?

"Untuk saat ini, kebanyakan flagship Android bisa menjadi saingan iPhone," kata pengamat gadget Lucky Sebastian menjawab pertanyaan tersebut, saat berbincang dengan detikINET, Rabu (14/10/2020).

Lucky menyebut ponsel-ponsel jagoan Android seperti seri Samsung Galaxy Note 20, Galaxy S20, Xiaomi Mi 10, Oppo X2, Huawei Mate 40, hingga OnePlus 8 sangat potensial menyaingi iPhone 12.

Dikatakan Lucky, kelebihan iPhone adalah kontrol antara hardware dan software yang lebih kuat dan lebih terintegrasi, karena iOS tidak dipasarkan atau digunakan brand lain.

Selain itu, pengembangan desain chipset iPhone juga bisa dikatakan sangat maju, sehingga sangat bertenaga. Dengan integrasi yang kuat ini, meski iPhone secara angka (misalnya untuk besaran RAM, kapasitas baterai, dan lain-lain) tidak sebesar di flagship Android, kemampuannya tetap sama, bahkan bisa dikatakan sangat efisien.

"Untuk menyaingi kemampuan chip A14 Bionic iPhone 12 series mungkin kita akan melihatnya di awal tahun depan dengan hadirnya chipset Snapdragon dan Exynos terbaru yang difabrikasi dengan ukuran 5nm," kata Lucky.

Menurut Lucky, chipset Android memang ketinggalan 1-2 tahun dari chipset yang digunakan pada iPhone. Namun dia yakin chipset Android berikutnya seperti Snapdragon 875 atau Exynos 2100 akan terasa lompatannya.

"Chipsetnya iPhone mahal, dia berani bikin dengan cache besar. (Chipset) efisien lebih karena perpaduan hardware dan software yang terintegrasi lebih baik. Kalau Android kan banyak macam, jadi gak bisa condong ke satu brand, harus di tengah-tengah," tutupnya.



Simak Video "Peluncuran iPhone 12 Jadi Trending Topic di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)