iPhone 12 Dijual di Indonesia Kapan Ya?

iPhone 12 Dijual di Indonesia Kapan Ya?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 14 Okt 2020 19:00 WIB
iPhone 12 Pro
iPhone 12 dijual di Indonesia kapan? (Foto: Apple)
Jakarta -

iPhone 12 dalam 4 varian telah resmi diluncurkan oleh Apple. Di Amerika Serikat, iPhone 12 mulai dapat dipesan mulai tanggal 16 Oktober dan tersedia mulai 23 Oktober. Nah, iPhone 12 dijual di Indonesia kapan nih?

Sejauh ini, Indonesia belum masuk negara tier 1 penjualan iPhone. Artinya, hampir dapat dipastikan iPhone 12 tidak masuk dalam waktu cepat. Manajemen PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), sebagai penjual resmi iPhone di Indonesia mengatakan, saat ini penjualan iPhone 12 masih menunggu izin dari prinsipal.

"Bergantung pada principals, biasanya kalau sudah meluncur kita akan info ke publik," kata perwakilan manajemen Erajaya pada CNBC Indonesia, Rabu (14/10/2020). Namun pihak manajemen enggan menjelaskan lebih rinci terkait dengan informasi lanjutan produk anyar ini.

Dibandingkan dahulu, penjualan iPhone di Indonesia sudah lebih cepat alias tidak sangat jauh dari peluncuran resminya. iPhone 11 yang diluncurkan pada September 2019, dijual secara resmi pada Desember 2019 alias terpaut sekitar 3 bulan.

Jika mengacu pada iPhone 11, maka iPhone 12 bisa jadi juga dipasarkan di sini 3 bulan lagi, yakni pada Januari 2021. Itu karena perkenalan iPhone 12 pada tahun ini molor menjadi bulan Oktober 2020 dikarenakan situasi pandemi Corona.

Namun tentu saja hal itu tidak dapat dipastikan. Ambil contoh terbaru yaitu iPhone SE edisi tahun 2020. iPhone paling murah ini diperkenalkan pada bulan April 2020, namun baru masuk Indonesia pada awal Oktober 2020. Artinya, ada selang waktu sampai 6 bulan.

Erajaya sendiri pernah berharap agar waktu pemasaran Indonesia semakin dapat diperpendek oleh Apple untuk menggairahkan penjualan. Terbukti iPhone 11 yang datang lebih cepat dari generasi terdahulu diklaim mendapat sambutan yang baik dari para fanboy Apple di sini.

"Semakin pendek waktunya, semakin bagus untuk tarikannya," sebut pihak Erajaya beberapa waktu silam. Kita nantikan saja kapan Apple mendatangkan generasi baru iPhone 12 ke Indonesia.



Simak Video "Peluncuran iPhone 12 Jadi Trending Topic di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)