iPhone 12 Jadi Pro Kontra Fanboy, Urusan Harga Sampai Charger

iPhone 12 Jadi Pro Kontra Fanboy, Urusan Harga Sampai Charger

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 14 Okt 2020 15:54 WIB
iPhone 12
Pro kontra iPhone 12. Foto: Apple
Jakarta -

iPhone 12 baru saja meluncur. Namun, pro kontra langsung dibicarakan oleh iPhone fanboy, salah satunya penjualan tanpa disertai charger.

Berikut ini rangkuman detikINET, Rabu (14/10/2020) mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone 12:

1. Baterai dan dapur pacu

iPhone sendiri tidak menjelaskan kapasitas baterai yang dibawa oleh iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max. Yang pasti, Apple menyebutkan penggunaan lithium-ion battery yang tahan lama dan bisa dipakai untuk memutar video hingga belasan jam.

Ada sebagian orang yang merasa kecewa karena iPhone membawa ponsel tanpa peningkatan kapasitas daya tahan ponsel yang signifikan. Kendati demikian, iPhone menjadi produk ini akan lebih baik dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.

Dapur pacunya pun menggunakan chip A14 Bionic yang diklaim lebih ngebut dari generasi sebelumnya.

2. Tanpa charger dan EarPod

Apple memutuskan menjual iPhone 12 tanpa charger dan EarPod demi upaya mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan. Namun ini cukup menjadi hal yang disayangkan pengguna iPhone.

Secara terpisah, Apple menjual Mag Safe pengisi daya nirkabel (wireless charging) untuk iPhone 12. Cara menggunakannya, pengguna cukup menempelkan perangkat yang akan menempel otomatis di bagian belakang ponsel Apple ini.

MagSafe juga memungkinkan untuk mengisi daya baterai Apple Watch. Seluruh tipe iPhone 12 mendukung pengisian daya nirkabel MagSafe hingga 15W, pengisian daya nirkabel Qi hingga 7,5W, dan melalui USB ke sistem komputer atau laptop.

3. Layar dan berat iPhone 12

iPhone 12 menang dalam layar lebar yang disuguhkan dengan 6,1 inch screen (iPhone 12 Pro Max 6,7 inch). Semuanya memakai Super Retina Display (OLED). Di segi ketahanan, keempat iPhone 12 ini dilapisi dengan kaca pelindung ceramic yang diklaim empat kali lebih kuat dibanding kaca biasa.

Selain itu, ponsel ini juga terbilang ringan dan nyaman di genggaman. iPhone 12 mini memiliki berat 135 gram, iPhone 12 164 gram, iPhone 12 Pro 189 gram, dan iPhone 12 Pro Max 228 gram.

Selanjutnya: kamera dan desain...