iPhone 12 Tanpa Charger, Tapi Bisa Dicas dengan Wireless Model Baru

iPhone 12 Tanpa Charger, Tapi Bisa Dicas dengan Wireless Model Baru

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 14 Okt 2020 14:12 WIB
Wireless charger MagSafe untuk iPhone 12
iPhone 12 Tanpa Charger, Tapi Bisa Dicas dengan Wireless Charger Baru Foto: Apple
Jakarta -

Kuartet iPhone 12 resmi diumumkan di event Hi, Speed yang diadakan Apple semalam. iPhone 12 tanpa charger, tapi Apple menghidupkan kembali brand MagSafe untuk wireless charger terbarunya.

Charger MagSafe pertama kali digunakan oleh Apple di laptop MacBook yang dirancang sebagai fitur keamanan agar tidak merusak kabel dan port charger. Tapi charger ini tidak lagi digunakan sejak Apple mulai memperkenalkan MacBook dengan USB-C pada tahun 2016.

Dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (14/10/2020) brand MagSafe yang dihidupkan kembali akan hadir dengan sejumlah aksesoris pelengkap, termasuk wireless charger 15W untuk iPhone dan Apple Watch.

Charger ini bisa menempel berkat susunan magnet yang mengelilingi koil wireless charging. Tidak hanya untuk wireless charger, magnet ini juga bisa digunakan untuk sederet aksesoris baru iPhone 12.

Keempat iPhone 12 memang mendukung pengisian nirkabel cepat 15W. Tapi kecepatan ini hanya bisa diakses menggunakan wireless charger MagSafe buatan Apple atau wireless charger buatan pihak ketiga yang kompatibel dengan MagSafe.

Di halaman spesifikasi untuk iPhone 12 tertulis bahwa pengisian nirkabel cepat 15W hanya tersedia jika menggunakan MagSafe. Untuk wireless charger Qi standar kapasitas pengisiannya hanya 7,5W.

Apple pertama kali memperkenalkan wireless charging mengikuti standar Qi untuk iPhone X dan iPhone 8, tapi kapasitasnya terbatas hanya 5W. Tidak lama kemudian fitur ini kemudian diupdate menjadi 7,5W. Berkat MagSafe, kapasitas wireless charging iPhone 12 bisa digandakan.

Belum diketahui alasan Apple membedakan kapasitas fast wireless charging antara MagSafe dan wireless charger biasa. Tapi ini artinya untuk memanfaatkan kemampuan wireless charging yang lebih cepat di iPhone 12 pengguna harus menggunakan charger yang telah disetujui Apple dan bukan dari pihak ketiga yang tidak kompatibel.

Saat ini Apple menjual wireless charger MagSafe untuk iPhone dengan harga USD 39,99. Ada juga kombo charger iPhone dan Apple Watch bernama MagSafe Duo Charger, tapi belum diketahui harganya.

Ini adalah wireless charger kedua yang diumumkan Apple. Sebelumnya mereka mengumumkan kehadiran AirPower pada tahun 2017, tapi tidak pernah diproduksi karena sederet masalah.

Selain charger MagSafe, Apple juga memamerkan dua aksesoris yang kompatibel dengan magnet di iPhone 12 yaitu sederet casing baru yang bisa menempel dengan magnet dan dompet kulit yang bisa digunakan untuk menyimpan kartu kredit dan kartu identitas.



Simak Video "Peluncuran iPhone 12 Jadi Trending Topic di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)