iPad Pro dan Apple Watch Murah Segera Sambangi Indonesia

iPad Pro dan Apple Watch Murah Segera Sambangi Indonesia

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 07 Okt 2020 13:08 WIB
iPad Air 2020
iPad Air sudah mengantongi aturan TKDN. Foto: Apple
Jakarta -

Setelah diperkenalkan September lalu. iPad Air, iPad generasi kedelapan, Apple Watch Series 6, Apple Watch murah segera menyambangi Indonesia.

Hilalnya sudah terlihat dengan lolosnya keempat perangkat anyar dalam sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian.

Adalah PT Apple Indonesia yang mendaftarkan ketiga perangkat tersebut. iPad Air dengan model A2072 memiliki kadar TKDN sebesar 30%.

TKDNTKDN iPad anyar Foto: screenshot/detikINET

Sementara iPad generasi kedelapan dengan model A2429 telah memenuhi 30%. Sementara smartwatch Apple ada empat varian yang didaftarkan, yaitu:

- Apple Watch Series 6 (model A2375) memenuhi 30% TKDN

- Apple Watch Series 6 (model A2376) memenuhi 30% TKDN

- Apple Watch SE (model A2355) memenuhi 30% TKDN

- Apple Watch SE (model A2356) memenuhi 30% TKDN

TKDNTKDN Apple Watch Foto: screenshot/detikINET

Kendati sudah mengantongi TKDN, pantauan detikINET di situs Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SPPI), kesemua perangkat belum mendapat restu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Bisa jadi saat ini enam perangkat anyar Apple itu masih tahap pengujian.

Semoga saja Apple segera menghadirkan ke Indonesia. Sebab perangkat barunya ini cocok jadi teman saat work from home.

Untuk diketahui Apple mengumumkan kesemua perangkat pada 16 September lalu. iPad Pro mengusung desain baru seperti iPad Pro dan menawarkan kinerja lebih ngebut dari pendahulunya.

Kendati tidak punya tombol Home, tablet ini masih dibekali fingerprint yang kini disatukan dengan tombol power.

Tidak ada lagi port lightning, kini digantikan dengan USB Type C, karenanya dilengkapi kemampuan pengisian cepat 20W dan bisa transfer data hingga 5 Gbps. Tablet ini turut mendukung Apple Pencil generasi 2 dan Magic Keyboard. Serta disediakan koneksi LTE dan WiFi 6.