iPhone 12 Seharusnya Punya Touch ID Mirip iPad Air, Tapi...

iPhone 12 Seharusnya Punya Touch ID Mirip iPad Air, Tapi...

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 06 Okt 2020 09:47 WIB
iPhone 12
Foto: doc. Everythingapplepro
Jakarta -

Apple memberi kejutan saat mereka merilis iPad Air baru, yaitu kehadiran Touch ID -- sensor sidik jari -- di tombol power. Langkah serupa diharapkan bakal diterapkan Apple di iPhone 12, namun tampaknya sulit untuk dilakukan.

Kembalinya Touch ID ini dinilai penting selama pandemi Corona, karena penggunaan Face ID dinilai menyulitkan pengguna yang memakai masker -- yang harus selalu dipakai untuk mengurangi kemungkinan terinfeksi COVID-19.

Touch ID di iPad AirTouch ID di iPad Air Foto: Dok. Apple

Analis Reticle Research bernama Ross Rubin juga meyakini kalau keputusan Apple menghadirkan Touch ID di iPad Air baru ini menjadi semacam pesan kalau fitur serupa akan hadir di iPhone 12.

Namun hal ini dinilai sulit terjadi, karena Apple disebut membutuhkan waktu setahun sampai 18 bulan untuk mengembangkan iPhone baru. Jadi, iPhone 12 yang akan dirilis nanti sebenarnya sudah didesain sebelum pandemi Corona muncul.

Namun memang tak menutup kemungkinan Apple bakal menggunakan Touch ID di tombol power iPhone 12. Karena meski ini adalah hal baru bagi Apple, hal serupa sudah sering dilakukan oleh pembuat ponsel Android.

Touch ID sendiri sudah ada di iPhone sejak 2013, tepatnya saat Apple merilis iPhone 5S, di mana sensor sidik jarinya digabungkan dengan tombol Home. Namun sejak mereka merilis iPhone X pada 2017, Apple mulai meninggalkan Touch ID dan menggantinya dengan Face ID.

Sejak itulah semua perangkat flagship Apple, baik iPhone maupun iPad menggunakan Face ID sebagai keamanan biometriknya, karena bisa memberikan layar lebih besar dengan ukuran bodi yang sama (karena tak perlu ada tombol Home).

Namun Touch ID kembali hadir -- sebelum iPad Air --, yaitu di iPhone SE 2020 yang punya desain serupa dengan iPhone 7. Yaitu dengan tombol Home merangkap sensor sidik jari, yang mendapat banyak pujian karena mempermudah membuka kunci ponsel ketimbang menggunakan Face ID saat memakai masker, yang membuat pengguna harus memasukkan password setiap kali membuka kunci ponsel.

Kalau menurut detikers, sebaiknya Apple mengembalikan Touch ID ke iPhone 12, nggak?



Simak Video "Ikuti Jejak iPhone 11, Apple Rilis iPhone 12 dan 12 Mini Warna Ungu"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)