Daftar HP Oppo yang Dapat ColorOS 11 Serta 12 Fitur Barunya

Daftar HP Oppo yang Dapat ColorOS 11 Serta 12 Fitur Barunya

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 14 Sep 2020 19:08 WIB
ColorOS 11
ColorOS 11. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Oppo resmi merilis ColorOS 11 yang membawa banyak fitur anyar. Handphone (HP) seri apa saja yang mendapatkannya?

Sebelum menjawab itu, yuk kita bahas fitur apa yang yang bisa pengguna Oppo nikmati dari ColorOS 11.

Bicara namanya, vendor asal China ini tidak menggunakan nama ColorOS 8 sebagai penerus ColorOS 7 yang dirilis tahun lalu. Ada alasan sederhana di balik penamaan ColorOS 11.

"Banyak pengguna yang menanyakan ColorOS versi Androidnya apa. Memudahkan itu, kami menamainya sama dengan versi Androidnya. Jadi ColorOS 11 artinya menjalankan Android 11," jelas Lynn Ni, Design Project Lead of Oppo ColorOS.

Mengambil tema Make Life Flow, ColorOS 11 diharapkan bikin tampilan ponsel dapat menggambarkan selera sang penggunanya. Karenanya banyak kemampuan kustomisasi yang diberikan.

"Total ada 1.000 lebih optimasi yang kami lakukan di ColorOS 11 ini," kata Ni saat acara peluncuran global secara online, Selasa (14/9/2020).

Fitur ColorOS 11

1. Icon Customization

Pengguna dimungkinkan memodifikasi bentuk ikon aplikasi yang disesuaikan dengan keinginan.

2. Customizable Always-on Display (AOD)

Fitur ini memungkinkan pengguna mengubah tulisan, warna dan layout dari template AOD yang disediakan. ColorOS 11 sendiri menyediakan banyak patern AOD yang dapat dipilih pengguna.

Setiap patern diklaim untuk dan dapat mempresentasikan gaya penggunanya. Bahkan bisa berkreasi dengan membentuk nama sendiri.

Untuk membuat Costomizable AOD ini caranya sangat mudah, hanya perlu memindahkan jari dengan lembut di layar maka akan terbentuk pola. Selanjutnya tinggal menambahkan warna hingga komposisinya.

Fitur personalisasiFitur personalisasi Foto: Oppo

3. Oppo Sans

ColorOS 11 membawa huruf Oppo Sans yang tersedia di opsi System Font. Namun pengguna bisa memilih huruf lain untuk tampilan UI-nya.

Oppo Sans sendiri masih dimungkinkan dimodifikasi oleh pengguna, mulai dari ketebalan hingga ukuran sehingga nyaman dibaca.

4. Dark Mode

Kini fitur Dark mode bisa beradaptasi dengan aplikasi pihak ketiga. Tapi yang menarik, Oppo memberikan kemampuan kustomisasi pada tampilan gelap ini. Ada tiga pilihan warna Dark Mode yang disediakan, yakni Pitch, Blue dan Gray.

Wallpaper dan Icon bisa disesuaikan dengan Dark Mode. Pengguna bisa atur otomatis saat petang dan terbit Matahari.

Dark Mode di ColorOSDark Mode di ColorOS Foto: ColorOS

Berikutnya: Fitur 5-12...