Huawei Kenalkan EMUI 11, Apa yang Baru?

Huawei Kenalkan EMUI 11, Apa yang Baru?

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 10 Sep 2020 17:11 WIB
EMUI 11
President Software Department, Consumer Business Group Huawei, Wang Chenglu (Foto: screenshot/detikINET)
Jakarta -

Di perhelatan Huawei Developer Conference 2020, diperkenalkanlah EMUI 11. Sederet fitur anyar dibawa, apa saja?

Dipaparkan President Software Department, Consumer Business Group Huawei, Wang Chenglu mengatakan EMUI 11 mengusung filosofi desain yang sama dari sebelumnya. Ada tiga aspek yang jadi fokus peningkatan di EMUI 11, yakni estetika, kenyamanan dan efisiensi.

"Lewat EMUI 11 kami bisa membawa lebih banyak efek artistik, dan berharap seluruh pengguna bisa merasakan pengalaman smooth, dan perangkat dapat bantu identifikasi interaksi yang lebih penting," ujar Wang.

Lanjut dipaparkan Wang, pihaknya mengadopsi teknik film dalam mendesain MIUI menghadirkan efek animasinya yang lebih mulus.

EMUI 11 membawa peningkatan pada kemampuan multi-screen collaboration. Pengguna dapat membuka tiga aplikasi sekaligus secara bersamaan ketika smartphone atau ponsel terhubung dengan komputer.

Huawei pun mengupgrade kemampuan MeeTime. Pengguna bisa mengirim pesan dari layar ponsel ke televisi, serta melakukan screen sharing saat melakukan panggilan video.

EMUI 11EMUI 11 membaw amulti-screen collaboration. Foto: screenshot/detikINET

EMUI membawa AI Subtitles yang menampilkan penerjemahan real time dari Inggris, Jepang dan Korea ke China. Huawei menambah dukungan bahasa pada asisten digitalnya Celia, yakni Italia dan Jerman.

Fitur privasi dan keamanan turut dikedepankan. Dengan EMUI 11, ikon pemberitahuan ditampilkan setiap kali aplikasi di background menggunakan lokasi, mikrofon, atau kamera ponsel . Aplikasi di latar belakang sekarang sepenuhnya dilarang menggunakan mikrofon dan kamera.

Raksasa teknologi asal China ini telah membangun fitur privasi baru ke dalam beberapa aplikasi. Sekarang ada Album Tersembunyi yang dilindungi otentikasi di Galeri Foto, yang menyembunyikan foto dari pengintai dan aplikasi pihak ketiga. Ada pula Memo yang menawarkan fitur penguncian serupa untuk menyembunyikan konten rahasia.

Berbagi sekarang juga lebih aman. Saat berbagi foto misalnya, pengguna ditawarkan untuk menghapus lokasi, waktu, dan metadata perangkat saat berbagi. Fitur Safety Casting dapat mencegah telepon, SMS, dan notifikasi lainnya muncul di TV saat mentransmisikan tampilan.

Huawei belum mengonfirmasi tanggal spesifik untuk kedatangan EMUI 11. Namun versi betanya sudah bisa dicicipi 10 September ini di sejumlah perangkat, yakni:

  • Huawei P40
  • Huawei P40 Pro
  • Huawei P40 Pro+
  • Huawei Mate 30 (4G)
  • Huawei Mate 30 (5G)
  • Huawei Mate 30 Pro (4G)
  • Huawei Mate 30 Pro (5G)
  • Huawei Mate 30 RS Porsche Design
  • Huawei MatePad Pro
  • Huawei MatePad Pro 5G



Simak Video "Huawei Nova 7 Bisa Rekam Video 2 Arah, Ini Spesifikasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)