3 Cara Hemat Paket Data Streaming Film di Smartphone

3 Cara Hemat Paket Data Streaming Film di Smartphone

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikInet
Senin, 07 Sep 2020 16:52 WIB
Ilustrasi Gadget
3 Cara Hemat Paket Data Saat Streaming Video di Smartphone (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Streaming film menjadi aktivitas paling menyenangkan saat masa pandemi berlangsung. Berbagai situs penyedia video bermunculan untuk memberikan tayangan terbaik bagi masyarakat.

Tentu salah satu hal yang membuat masyarakat khawatir adalah terkait paket data untuk menonton video tersebut. Saat menggunakan smartphone untuk streaming contohnya, menonton video berdurasi lama bisa memakan kuota paket data yang sangat besar. Oleh karena itu, masyarakat membutuhkan cara paling tidak untuk menghemat paket data tersebut agar tidak cepat habis. Ada sejumlah cara dilansir dari laman Tutorialspoint, Senin (7/9/2020).

Inilah 3 cara untuk menghemat paket data saat streaming video di smartphone:

1. Menggunakan Aplikasi Data Saving

Menggunakan aplikasi data saving bisa menyelamatkan paket data milikmu saat streaming film. Penggunaan aplikasi data saving bisa menghemat data dengan cara menonton videonya lewat aplikasi tersebut. Saat ada koneksi Wi-Fi yang tersedia, aplikasi tersebut juga akan secara otomatis menggunakan Wi-Fi dan mematikan data mobile.

2. Mengurangi Kualitas Video

Kualitas video dari streaming bisa mempengaruhi jumlah data yang di transfer per filmnya. Jika menggunakan smartphone dengan layar yang kecil, ada baiknya untuk mengurangi resolusi video untuk menghemat paket data. Hal itu karena kualitas video pada layar yang lebih kecil tidak akan jauh berbeda karena jumlah kerapatan pixel-nya.

3. Matikan Aplikasi Background

Beberapa aplikasi background di smartphone bisa menggunakan paket data tanpa diketahui. Fitur Auto Sync di beberapa aplikasi, akan menggunakan bandwitch untuk mengirim data secara diam-diam sehingga bisa menguras paket data saat kamu sedang asyik menonton video. Oleh karena sebelum menonton ada baiknya untuk mematikan semua aplikasi background.

Itulah beberapa tips untuk menghemat paket data saat streaming film. Jika paket data milikmu habis, bisa membelinya dengan mudah tanpa keluar rumah melalui aplikasi Grab. Untuk beli paket datanya cukup mudah lho, tinggal buka aplikasi Grab dan pilih layanan Top Up Pulsa/Token. Nantinya akan ada pilihan melakukan mengisi pulsa, paket data, hingga token listrik dengan berbagai provider dan nominal.



Simak Video "Serikat Guru Nilai Subsidi Kuota Internet Berpotensi Buang Anggaran"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/fay)