ColorOS 7.2 Punya Fitur Smart Spying Prevention, Apa Itu?

ColorOS 7.2 Punya Fitur Smart Spying Prevention, Apa Itu?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 05 Sep 2020 10:15 WIB
OPPO Reno4 Pro
Oppo Reno4 Pro. Foto: Dok. OPPO Indonesia
Jakarta -

ColorOS 7.2 yang dipakai di Reno4 Pro punya satu fitur unik, yaitu Smart Spying Prevention untuk menjaga privasi penggunanya. Bagaimana cara kerjanya?

Pada umumnya, saat layar ponsel terkunci (screen lock), notifikasi pada ponsel tetap muncul sehingga tetap bisa dibaca orang lain. Nah, di ColorOS 7.2, hal ini bisa diatasi lewat fitur Smart Spying Prevention, yang bisa memberi proteksi akses pada ponsel.

Fitur ini bekerja berdasarkan AI-Enhanced Smart Sensor, yang bisa mengenali wajah, gestur, dan pose. Lalu algoritma yang ada akan otomatis menganalisa beberapa wajah dalam berbagai keadaan dan skala untuk verifikasi.

Saat fiturnya aktif, sensor AI akan menganalisa keadaan sekitar. Jika di depan hanya ada satu wajah yang terdeteksi oleh sensor, maka lensa akan hidup untuk memindai wajah tersebut, dan jika dikenali sebagai pemilik ponsel, barulah notifikasi tersebut akan ditampilkan di lock screen ponsel.

Semntara jika di depan ponsel ada banyak wajah atau wajah yang dideteksi bukan si pemilik, maka notifikasi ponsel tersebut tak akan tampil pada lock screen.

Perlu diingat, Smart Spying Prevention ini hanya bisa aktif setelah pengguna mengaktifkan sistem face unlock dengan merekam data wajahnya. Smart Sensor yang dipakai ini pun tetap dapat beroperasi dalam keadaan gelap (kurang dari 1 lux).

Selain Smart Spying Prevention, ColorOS 7.2 di Reno4 Pro juga mempunyai sejumlah fitur menarik lain. Yaitu:

Smart AirControl, yang memberikan cara interaksi baru antara pengguna dengan ponsel. Yaitu menggunakan gestur tanpa perlu menyentuh layar.

Lalu AI-Enchanced Smart Sensor juga bisa mendeteksi wajah yang membuat Reno4 Pro bisa dengan cerdas menyesuaikan orientasi layar dengan wajah penggunanya lewat fitur bernama Smart Rotation.

Terakhir adalah Smart Always on Display, yang membuat layar bakal tetap menyala selama sensor mendeteksi ada wajah di depan ponsel.



Simak Video "OPPO Reno4 Pro: Desain Premium dengan Fitur Charge Tercepat"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)