Pengguna Internet Explorer Tinggal Segelintir

Pengguna Internet Explorer Tinggal Segelintir

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 21 Agu 2020 15:00 WIB
aplikasi jadul
Pengguna Internet Explorer Tinggal Segelintir (Foto: Internet)
Jakarta -

Internet Explorer (IE) bersiap pensiun pada Agustus 2021. Sejak diumumkan akan resmi dimatikan oleh Microsoft, banyak orang bernostalgia dengan browser ini.

Maklum saja, IE dikenang sebagai browser legendaris karena pernah menguasai 95% dari keseluruhan penggunaan browser (seri IE 5 dan IE 6) pada rentang 2002 hingga 2003. Di masa kejayaannya, IE ada di hampir semua perangkat terkoneksi internet di seluruh dunia.

Kini, setelah 25 tahun (dirilis pertama kali pada 1995). IE bersiap mengucapkan selamat tinggal pada para pengguna atau mantan penggunanya. detikINET pun melakukan polling untuk mengetahui seberapa banyak pengguna internet yang masih memakai IE, dan browser apa yang paling banyak digunakan para pembaca saat ini.

browser

Hasilnya, dari 352 pembaca yang berpartisipasi, sekitar 3,98% (14 orang) masih memakai IE. Tampaknya para pengguna setia IE mulai beralih ke Microsoft Edge.

Setelah IE 11 (IE versi paling terbaru dan terakhir) resmi pensiun, kehadirannya memang akan digantikan Microsoft Edge. Browser ini sudah disiapkan Microsoft sejak dirilis pertama kali untuk Windows 10.

Microsoft Edge berbasis software Chromium yang dikembangkan Google untuk Google Chrome, dan menjanjikan performa lebih baik dibandingkan IE. Ada 7,67% (27 orang) pembaca detikINET yang menggunakan browser ini.

Keputusan Microsoft merilis Edge tampaknya sangat baik, karena cukup mendapat kepercayaan dari pengguna terkait peningkatan performanya dibandingkan IE. Namun Edge masih perlu waktu untuk menyusul atau setidaknya menyamai kepopuleran browser lain yang lebih sering dipakai pengguna.

Dalam polling ini, terlihat kalau pemakaian browser masih sangat didominasi Google Chrome yang persentasenya 60,51% (213 orang). Menyusul setelah itu adalah Mozilla Firefox yang menempati porsi 20,45% (72 orang).

Namun Edge mungkin punya peluang lebih baik mengejar popularitas pengguna Chrome. Pasalnya, Edge dibuat di atas platform Chromium, platform yang sama dengan Chrome.

Dengan penggunaan Chromium, Edge akan kompatibel dengan lebih banyak situs dan bisa menggunakan ekstensi browser yang sama dengan Chrome. Artinya, kalau pengguna memutuskan untuk pindah ke Edge dari Chrome, mereka tak akan kehilangan banyak fungsionalitasnya.


Selain browser dengan persentase pengguna yang sedang hingga terbesar, masih ada browser lain yang digunakan pembaca detikINET yaitu Safari 3,69% (17 orang), Opera 1,99% (7 orang) dan Lainnya 1,70% (6 orang). Berikut ini detail lengkap hasil polling browser berdasarkan urutan dari yang paling banyak dipakai pembaca.

  1. Google Chrome (60,51%)
  2. Mozilla Firefox (20,45%)
  3. Microsoft Edge (7,67%)
  4. Internet Explorer (3,98%)
  5. Safari (3,69%)
  6. Opera (1,99%)
  7. Lainnya (UC Browser, Vivaldi, Chromium, dll) (1,70%).


Simak Video "Internet Explorer Pensiun di Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)