Keren! S Pen di Galaxy Note20 Series Serba Bisa

ADVERTISEMENT

Keren! S Pen di Galaxy Note20 Series Serba Bisa

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 18 Agu 2020 11:39 WIB
Galaxy Note 20 Ultra
S Pen di Galaxy Note20 series punya banyak kelebihan (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

S Pen di Galaxy Note20 series bukanlah sekadar aksesori biasa. Kemampuannya yang serba bisa bikin stylus ini tiada duanya di dunia.

Sejak dihadirkan sembilan tahun lalu, S Pen ditakdirkan menjadi bagian penting dari Galaxy Note. Ibarat kata, Galaxy Note hanya akan menjadi ponsel flagship pada umumnya tanpa adanya pena digital ini.

Karena begitu spesialnya, Samsung terus menerus meningkatkan kemampuan S Pen. Tidak sekadar untuk corat-coret ada banyak kemampuan lain yang ditambahkan.

Pada Galaxy Note20 series latensi ditingkatkan. S Pen di Galaxy Note20 punya latensi 26 ms, sementara Galaxy Note20 Ultra menjadi 9 ms. Dengan makin rendahnya latensi membuat proses pencatatan ataupun saat digunakan mengedit konten jadi lebih nyaman.

Samsung turut menambahkan gerakan baru pada Anywhere Actions yang membuat navigasi menjadi lebih mudah saat menggunakan aplikasi apapun. Sebagai contoh untuk mengaktifkan Screen Write, pengguna hanya perlu menggoyang-goyangkan S Pen layaknya lagi corat-coret.

Galaxy Note 20 UltraS Pen di Galaxy Note 20 Ultra menawarkan sensasi menulis di atas kertas. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Membuat gerakan panah ke kanan akan membuka aplikasi yang baru saja digunakan, sedangkan gerakan panah ke kiri akan membawa pengguna kembali ke layar sebelumnya. Gerakan panah ke atas akan membawa pengguna kembali ke layar Home lagi.

S Pen masih dilengkapi dengan Bluetooth sehingga dapat digunakan sebagai remote control kamera. Sehingga bisa melakukan selfie tanpa harus menyentuh Galaxy Note20 series. Pengguna hanya tinggal pencet tombol yang ada di tengah bodinya saja.

Atau bisa juga memanfaatkan S Pen untuk pointer saat presentasi. Sehingga memudahkan pengguna yang kerap melakukan perjalanan bisnis tanpa harus kerepotan membawa banyak perangkat.

Hanya itu? Tentu saja tidak, dipadukan Samsung Notes membuat produktivitas penggunanya meningkat. Semua tulisan yang digoreskan akan secara otomatis dirapikan dan dimungkinkan untuk dikonversi ke teks. Jadi memudahkan bila ingin di-share.

Galaxy Note 20 UltraGalaxy Note 20 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Pengguna dapat mengimpor PDF ke Samsung Notes dan kemudian mengeditnya menggunakan S Pen. Lalu ada kemampuan Audio Bookmark. Dengan fitur ini, anda tidak perlu takut lagi untuk ketinggalan atau melupakan hal-hal penting saat meeting.

Audio Bookmark memberikan timestamp pada Voice Notes dan mensinkronisasikannya dengan tulisan yang pengguna buat disaat yang bersamaan. Apabila melupakan salah satu poin pada catatan, tidak usah khawatir, cukup tekan tombol play pada kanan atas Samsung Notes, dan ketuk S Pen anda pada poin yang ingin diingat.

Maka Samsung Notes akan secara otomatis memainkan Voice Notes di waktu anda membuat tulisan tersebut. Ini mempermudah pengguna mengingat poin-poin pembicaraan ketika membaca ulang catatan.

Melihat semua kemampuan di atas setujukan bila menyebut S Pen serba bisa. Tidak heran kalau Samsung mengklaim stylusnya ini the world's most powerful S Pen.



Simak Video "Samsung Luncurkan 2 Standar Baru untuk Smartphone dan Tablet"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT