Wah, Windows 10 Bisa 'Jalankan' Aplikasi Android

Wah, Windows 10 Bisa 'Jalankan' Aplikasi Android

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 06 Agu 2020 17:45 WIB
Aplikasi Android di Windows 10
Foto: Istimewa
Jakarta -

Microsoft memperbarui aplikasi Your Phone untuk Windows 10, yang membuat penggunanya bisa 'menjalankan' aplikasi Android lewat PC-nya.

Fitur tersebut saat ini tengah diuji, dan fitur ini sebenarnya adalah perluasan dari fitur 'mirroring' yang sebelumnya sudah ada. Jadi pengguna kini bisa melihat daftar aplikasi Android yang ada di ponsel lewat PC, dan kemudian menggunakannya lewat PC.

Aplikasi itu sebenarnya dibuka di ponsel, namun kemudian seolah-olah ditampilkan lewat PC. Aplikasi yang dibuka tersebut akan ditampilkan dalam window yang berbeda di dengan aplikasi Your Phone.

Fitur baru lainnya adalah pengguna Windows 10 bisa melakukan multitasking dengan aplikasi Windows lain, lengkap dengan dukungan alt-tab. Bahkan aplikasi Android itu pun bisa di-pin ke dalam taskbar ataupun menu Start di Windows 10.

Sebelumnya, lewat aplikasi Your Phone ini pengguna juga sudah bisa membuka aplikasi Android. Namun caranya sedikit lebih susah, yaitu pengguna harus mencari sendiri aplikasinya lewat menu mirroring di PC, sementara dengan pembaruan tersebut, aplikasi Android yang ingin dibuka bisa diperlakukan layaknya aplikasi Windows biasa.

Lalu aplikasi Android yang bisa dibuka pun bisa lebih dari satu, dan itu dipamerkan Microsoft dalam peluncuran Samsung Galaxy Note 20, meski fiturnya sendiri baru bisa diakses dalam beberapa bulan mendatang di ponsel flagship Samsung yang terbaru itu.

Perlu diingat, tak semua aplikasi Android bakal bisa berjalan lancar pada fitur baru ini. Microsoft pun sudah memperingatkan bahwa mereka akan memblokir kemampuan ponsel untuk 'cast' ke layar lain.

Sejumlah aplikasi dan game pun mungkin tak akan mendukung penggunaan keyboard dan mouse, ataupun meneruskan audio dari ponsel ke PC, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (6/8/2020).

Sejauh ini, ponsel Android yang bisa menggunakan fitur baru ini hanyalah ponsel buatan Samsung. Penggunanya pun harus masuk ke dalam kategori Windows Insider, yang merupakan penguji fitur baru di Windows 10.



Simak Video "ByteDance Tegaskan TikTok Tidak Dijual ke Microsoft atau Oracle"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)