Harga, Spek dan Ketersediaan OPPO Reno4-OPPO Watch di Indonesia

Harga, Spek dan Ketersediaan OPPO Reno4-OPPO Watch di Indonesia

Alfi Kholisdinuka - detikInet
Jumat, 07 Agu 2020 00:06 WIB
Oppo Reno4
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

OPPO Indonesia resmi meluncurkan jagoan terbarunya yakni OPPO Reno4 sebagai gawai fotografi visoner di Tanah Air. Bertepatan dengan itu, OPPO juga merilis OPPO Watch sebagai jam tangan pintar yang didukung kecanggihan Wear OS By Google.

Kedua perangkat ini disebut bakal jadi tren di kalangan anak muda terutama generasi milenial Indonesia. Alasannya, kata PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto A, seri Reno ini menjadi pelopor dalam teknologi kamera smartphone, sedangkan OPPO Watch jadi aksesoris pintar yang didukung IoT.

"Reno4 hadir dengan inovasi pada teknologi pencitraan hingga teknologi futuristik yang memungkinkan interaksi tanpa sentuhan, desain memukau, hingga teknologi pengisian cepat VOOC Flash Charging, membuat kebutuhan konsumen muda terpenuhi dan tetap up-to-date dengan tren pada teknologi smartphone," ujar Aryo dalam keterangan tertulis, Jumat (7/8/2020).

"Sedangkan, jam tangan OPPO Watch merupakan salah satu aksesoris pintar dalam ekosistem Internet of Things (IoT) OPPO yang hadir dengan kualitas, kenyamanan dan efisiensi penggunanya untuk menghadirkan pengalaman kecerdasan konektivitas yang akan menghubungkan pengguna ke lebih banyak perangkat pintar lainnya," imbuhnya.

Lantas seperti apa keunggulan dari dua perangkat ini? Berikut ulasannya yang diawali dari spesifikasi OPPO Reno4.

Desain Ramping dan Trendi

OPPO Reno4 hadir dengan desain yang ramping dan trendi. Dilengkapi dengan layar 6.4-inch Dual Punch-hole berketebalan 7,7 mm dan bobot 165 gram sehingga nyaman digenggam atau dimasukkan ke dalam saku. Reno4 hadir dengan dua warna, Galactic Blue dan Space Black. Menjadikan Gawai ini sangat ringkas dan premium.

Kemampuan Foto dan Video yang Ditingkatkan

Reno4 memiliki kemampuan portrait photography untuk mendukung aktivitas anak muda dalam mengekspresikan kreativitas di setiap bidikan. Perangkat Reno4 dapat digunakan untuk merekam video blog (vlog) perjalanan ke YouTube, membuat video pendek TikTok, atau sekadar menangkap momen spesial bersama teman dan keluarga.

Adapun kamera belakang Reno4 menghadirkan Quad-Camera yang terdiri dari kamera utama 48MP, Ultra Wide-angle 8MP, kamera Makro 2MP dan kamera Mono 2MP, sedangkan kamera depan sebesar 32MP dapat menangkap foto selfie dengan jelas.

AI Color Portrait Mode

Menariknya, OPPO Reno4 ini dibekali Artificial Intelligence (AI) Color Portrait Mode yang merupakan fitur baru untuk mendukung fungsi foto dan video, membuat latar belakang menjadi hitam dan putih sekaligus menjaga objek dalam warna yang sebenarnya.

Lebih menarik lagi, AI Color Portrait juga tersedia untuk perekaman video dengan yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk mengunggah video kreatif ke media sosial Instagram atau TikTok. Selain itu, Monochrome Video dibuat dari tiga jenis filter video, yang menambahkan efek yang menyerupai video blockbuster.

Night Flare Portrait

Night Flare Portrait pada Reno4 secara otomatis akan menghasilkan efek neon artistik pada bagian latar belakang objek foto, dengan membuat latar belakang blur terutama pada sorot lampu dan membuat wajah objek semakin terang untuk menciptakan foto portrait dengan bokeh efek yang menarik.

Selain itu, fitur Ultra Night Selfie Mode dan Ultra Dark Mode yang sudah ditingkatkan dapat menghasilkan foto malam hari yang lebih jelas dan lebih cerah, baik menggunakan kamera depan atau belakang.

Video Cinematic

Reno4 memiliki fitur 960fps Smart Slow Motion, yang dapat menangkap 960 frame dalam satu detik dan menangkap bidikan gerak lambat di tengah-tengah sebuah video. Selain itu, Reno4 menghadirkan fitur Ultra Steady Video 3.0 yang menawarkan tiga mode stabilisasi yang berbeda. Untuk pertama kalinya, kamera depan Reno4 dilengkapi dengan algoritma Electronic Image Stabilization.

Ultra Steady Video 3.0 menggunakan stabilisasi gambar yang disempurnakan guna mempermudah pengguna untuk merekam video lebih stabil dari sebuah aktivitas berintensitas tinggi. Selain itu, kamera belakang Reno4 dilengkapi fitur Ultra Steady Video dan Ultra Steady Video Pro yang memungkinkan pengguna untuk merekam video lebih stabil pada saat berjalan, berlari, atau bersepeda. Ultra Steady Video Pro juga didukung oleh kamera Ultra Wide-Angle.

Smart Sensor Ditingkatkan Lewat AI

Untuk menjadikan sebuah smartphone yang benar-benar dapat mengimbangi kepribadian dan gaya hidup anak muda, Reno4 dilengkapi dengan Smart Sensor yang hadir dengan kecerdasan buatan yang ditingkatkan untuk melakukan fungsi seperti Smart AirControl, Smart Rotation dan Smart Always-on Display.

Smart Spying Prevention hadir untuk menjawab kebutuhan terhadap privasi dengan memanfaatkan algoritma pengenalan cerdas. Fitur ini secara otomatis mendeteksi pemiliknya sehingga hanya pemilik perangkat yang dapat melihat notifikasi. Jika notifikasi muncul saat orang asing mengintip, maka notifikasi yang terperinci akan disembunyikan segera.

Sensor cerdas ini juga menawarkan fitur futuristik untuk mengontrol smartphone tanpa sentuhan. Dengan Smart AirControl, pengguna dapat menerima panggilan telepon atau menggulir jendela aplikasi media sosial seperti YouTube, Facebook, Instagram dan Tiktok hanya dengan lambaian tangan. Smart Rotation menggunakan algoritma pengenalan posisi yang secara cerdas mendeteksi orientasi wajah.

Dapur Pacu

Reno4 didukung dengan Qualcomm Snapdragon 720G, RAM 8GB dan ROM 128GB yang masih dapat diperluas kapasitasnya melalui tambahan kartu Micro-SD hingga 256GB. Dilengkapi dengan 30W VOOC Flash Charge 4.0 dan baterai 4.015 mAh, daya Reno4 dapat diisi 50% dalam 20 menit, dan terisi penuh dalam 57 menit. Selain itu, fitur Super Power Saving Mode membuat Reno4 dapat bertahan lebih lama.

Memberi pengguna 1,5 jam untuk mengirim pesan di WhatsApp atau menelepon selama lebih dari satu jam dengan kapasitas baterai hanya 5%. Sementara itu, Super Nighttime Standby dirancang untuk mempelajari jadwal tidur Anda dan mengoptimalkan waktu pakai baterai sehingga hanya 2% baterai yang digunakan sepanjang malam, selama sekitar 8 jam.

OPPO Watch

Sementara itu, OPPO Watch akan menjadi smartwatch yang pertama dengan teknologi Flexible Dual Curved Display dan hadir dengan dua ukuran yakni 41 mm dan 46 mm. OPPO Juga menambahkan banyak pilihan tampilan layar jam yang bisa digunakan dan dipilih setiap harinya.

Layar perangkat ini menggunakan panel AMOLED dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3. Kehadiran Wear OS by Google di OPPO Watch memberikan pilihan ribuan aplikasi populer yang tersedia dan dapat diunduh melalui Google Play Store, serta menyediakan dukungan layanan Google nan lengkap.

Selain itu, OPPO Watch dilengkapi dengan AI Outfit-Matching. Pengguna cukup menggunakan aplikasi HeyTap Health untuk memotret pakaian maka OPPO Watch akan merekomendasikan tampilan arloji yang sesuai dengan gaya busana pemakainya melalui AI-Imaging dan algoritma bawaannya.

OPPO Watch juga memiliki berbagai fitur olahraga. Dengan kehadiran Sensor Sporting 4 PPG, GPS, dan GLONASS, OPPO Watch menjadi pendamping latihan kebugaran canggih yang dapat melacak dan memantau kegiatan fisik seperti berlari, berenang, naik sepeda, atau berjalan secara akurat. Fitur 5ATM Water Resistant memastikan pengguna merasa nyaman dan tidak perlu khawatir saat melakukan kegiatan olahraga di dalam air.

Harga dan Ketersediaan

OPPO membuka pemesanan OPPO Reno4 mulai 6 hingga 14 Agustus 2020. Selama masa Pre-Order konsumen mendapatkan hadiah langsung berupa smart bracelet, bluetooth headset, dan smartphone standing holder senilai Rp 1 juta. Selain itu konsumen juga akan mendapatkan bonus kuota Telkomsel TAU hingga 30GB. OPPO Reno4 akan dijual perdana pada 15 Agustus 2020. Harga OPPO Reno4 adalah Rp 4,999 juta.

Sementara harga OPPO Watch 46mm hadir dalam warna hitam dijual Rp 4,499 juta, dan OPPO Watch 41mm hadir dalam pilihan warna hitam dan rose gold, dijual dengan harga Rp 3,499 juta.

OPPO menggelar periode pre-order OPPO Watch mulai 6-14 Agustus 2020 melalui e-commerce Lazada dan jaringan toko resmi OPPO Store. Setiap pembelian OPPO Watch dalam periode tersebut konsumen berhak mendapatkan hadiah Limited Edition Strap senilai Rp 699.000 dan cashback sebesar Rp 200.000.

(prf/ega)