Otak di Balik Kesaktian Kamera Google Pixel Kini Kerja di Adobe

Otak di Balik Kesaktian Kamera Google Pixel Kini Kerja di Adobe

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 21 Jul 2020 20:51 WIB
Marc Levoy
Marc Levoy (Foto: Dok. Google)
Jakarta -

Kamera Google Pixel dikenal bisa menghasilkan foto berkualitas, tak cuma karena hardware yang mumpuni, melainkan juga optimasi dari sisi software yang hebat.

Sosok di balik kesaktian software kamera Google Pixel itu adalah Marc Levoy. Ia memimpin tim yang mengembangkan fotografi komputasional di Google Pixel, seperti Night Sight, Portrait Mode, dan HDR+.

Ia juga membuat Pixel bisa menghasilkan foto berkualitas tinggi tanpa perlu menggunakan hardware sebanyak ponsel lainnya, terutama jumlah kamera. Lini Pixel sendiri -- sebelum Pixel 4 -- dikenal sebagai ponsel yang hanya mempunyai satu kamera belakang.

Namun kini Levoy tak lagi bekerja di Google, karena ia sudah pindah ke Adobe. Di perusahaan software tersebut, Levoy ditugasi untuk membangun sebuah aplikasi kamera universal yang baru diumumkan oleh Adobe.

Levoy tampaknya digaet untuk bisa menghadirkan foto berkualitas untuk semua ponsel, tak cuma Google Pixel, lewat sebuah aplikasi kamera. Jadi teknik fotografi komputasional yang menjadi andalannya itu bakal bisa dipakai di semua ponsel.

Adobe sejauh ini belum bisa menjelaskan lebih jauh mengenai aplikasi kamera universal yang tengah dibangun tersebut, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (21/7/2020).

Sebelumnya Adobe sudah pernah merilis aplikasi sejenis bernama Photoshop Camera, dan ada juga aplikasi kamera yang dibenamkan di aplikasi Adobe Lightroom. Namun lewat aplikasi yang dikembangkan oleh Levoy ini Adobe punya visi lain soal fotografi mobile.

Levoy sendiri meninggalkan Google pada Maret lalu setelah enam tahun bekerja di perusahaan tersebut. Selain mengurus kamera Google Pixel, Levoy adalah sosok mengembangkan kamera untuk Google Glass Explorer Edition, namun saat itu Levoy berstatus sebagai pegawai divisi Moonshot yang kemudian menjadi Google X.



Simak Video "Google Masih Pikir-pikir Dulu Jual Ponsel Pixel ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)