Ini Cara Kerja & Keunggulan Gimbal Stabilization pada Vivo X50 Pro

Ini Cara Kerja & Keunggulan Gimbal Stabilization pada Vivo X50 Pro

Abu Ubaidillah - detikInet
Senin, 20 Jul 2020 13:16 WIB
Mekanisme kemera X50 Pro
Foto: Dok. Vivo Indonesia
Jakarta -

Vivo beberapa waktu lalu resmi meluncurkan Vivo X50 Series, termasuk Vivo X50 Pro sebagai smartphone pertama dengan teknologi Gimbal Stabilization. Teknologi ini digadang-gadang akan membuat hasil foto dan video menjadi lebih jernih dan ciamik.

Product Manager Vivo Indonesia, Hadie Mandala mengatakan dengan Vivo X50 Series, Vivo menyederhanakan teknologi kamera pada sebuah smartphone. Vivo bukan menambah jumlah kamera atau megapixel, melainkan merefleksikan kebutuhan pengguna akan foto dan video yang lebih stabil serta berkualitas.

"Teknologi Gimbal Stabilization yang disematkan pada Vivo X50 Pro adalah realisasi inovasi Vivo yang akan memanjakan pecinta videografi juga fotografi dalam menghasilkan kualitas foto terbaik," ujar Hadie dalam keterangan tertulis, Senin (20/7/2020).

Lalu apa sih sebenarnya teknologi Gimbal Stabilization itu? Bagaimana cara kerjanya dan apa keuntungannya untuk hasil fotografi?

Latar Belakang Teknologi Gimbal Stabilization pada Vivo

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Vivo R&D development, 70 persen hasil foto yang buruk disebabkan oleh guncangan selama proses pemotretan. Oleh karena itu Vivo menciptakan Gimbal Stabilizer agar bisa terintegrasi dengan smartphone berukuran ramping.

Awalnya teknologi yang hendak diterapkan pada Vivo X50 Series ini memiliki kendala pada proses awal pembuatannya sehingga justru menjadikan ketebalan smartphone meningkat dan ruang baterai menjadi lebih kecil.

Vivo kemudian mengembangkan teknologi sistem kamera gimbal melalui konsep telepon APEX 2020. Melalui konsep ini, Vivo menyempurnakan teknologi Gimbal Stabilization sehingga dapat diintegrasikan pada smarpthone Vivo X50 Pro. Akhirnya terciptalah ukuran Gimbal 40 persen lebih kecil, 1 mm lebih tipis, dan dapat diposisikan 0,13 mm dari layar.

Bagaimana Teknologi Gimbal Stabilization pada Vivo X50 Pro Bekerja?

Teknologi Gimbal Stabilization Vivo X50 Pro bekerja menggunakan dudukan suspensi bola ganda untuk mencapai stabilitas tiga dimensi. Pengaturan ini memungkinkan sudut mencapai sumbu-X dan sumbu-Y yang dapat memutar dan menutupi sudut yang lebih besar 3 derajat atau 300 persen lebih besar dari OIS (Optical Image Stabilization) tradisional.

Untuk mengurangi guncangan, teknologi Gimbal Stabilization pada Vivo X50 Pro dilengkapi S- type FPC dengan ketebalan hanya 0,07 mm setelah ratusan penyesuaian ukuran. Berbeda dengan OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electronic Image Stabilization), sistem kamera Gimbal pada Vivo X50 Pro akan membuat gambar lebih stabil dan berkualitas tinggi dengan menjaga bingkai tetap penuh, sementara lensa kamera tetap dapat bergerak di mana saja mengikuti sumbu optiknya.

Teknologi Gimbal juga memiliki komponen Gimbal Radar, yakni sebuah animasi di layar dalam pratinjau antarmuka. Bola animasi mencerminkan pergerakan Gimbal yang sebenarnya dan menunjukkan kapan bingkai stabil dan memandu pengguna untuk mengambil gambar serta video dengan jelas.

Pengguna juga dapat melihat pergerakan sebenarnya dari sistem kamera Gimbal dengan melihat lensa kamera utama. Selain itu karena sistem kamera Gimbal, maka kamera utama terlihat seperti 'mata besar' yang ada di bagian belakang Vivo X50 Pro serta berfungsi sebagai sensor fingerprint.

Mekanisme kemera X50 ProMekanisme kemera Vivo X50 Pro Foto: Dok. Vivo Indonesia

Keunggulan Gimbal Stabilization untuk Fotografi

Gimbal Stabilization mendukung pengambilan gambar pada malam hari dengan fitur Extreme Night Version. Mengambil foto bintang pada malam hari menjadi semakin mudah dengan fitur Astro Mode. Selain itu, teknologi ini juga mendukung pengambilan foto dengan pembesaran hingga 60 kali menggunakan fitur 60X Zoom Hyper.

Pengambilan snapshot gerakan dengan hampir tanpa jeda menggunakan Pro Sports Mode juga kian mudah. Saat merekam atau membuat film, Gimbal Stabilization pada Vivo X50 Pro dapat mewujudkan stabilitas dalam lima sumbu untuk membantu Anda menghasilkan video tanpa efek guncangan dengan fitur Ultra Stable Video.

Motion AF Tracking yang diintegrasikan juga akan memungkinkan Anda memilih objek apapun dalam bingkai dan tetap fokus pada objek meskipun objek tersebut berada di luar jangkauan. Selain itu, 3D Sound Tracking akan membantu Anda mengambil suara dari subjek yang dipilih ke mana saja dia pergi.

Mekanisme kemera X50 ProVivo X50 Pro Foto: Dok. Vivo Indonesia

Anda bisa mengikuti pre-order Vivo X50 Series pada 16-24 Juli 2020 secara online atau offline. Pre-order online diadakan secara eksklusif melalui Official Store Vivo di BliBli.com dengan tambahan bonus Vivo TWS Neo dan Google Nest Mini.

Sedangkan pre-order secara offline dapat dilakukan pada seluruh official store Vivo di Indonesia dan Anda akan mendapatkan hadiah khusus berupa Vivo TWS Neo dan V Lite Handheld Vacuum Cleaner dengan total nilai hingga Rp 2 juta.

(prf/fay)