5 Webcam Murah di Bawah Rp 1 Juta untuk Sekolah Online

Gadget Untuk Sekolah

5 Webcam Murah di Bawah Rp 1 Juta untuk Sekolah Online

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 11 Jul 2020 20:11 WIB
MOSCOW, RUSSIA - MARCH 20, 2020: Recording an online lecture for students of the Russian University of Transport. The universitys rector Alexander Klimov ordered to shift the secondary vocational education programs to online learning amid the COVID-19 coronavirus pandemic, starting from March 23, 2020. Sergei Savostyanov/TASS (Photo by Sergei SavostyanovTASS via Getty Images)
5 Webcam Murah di Bawah Rp 1 Juta untuk Sekolah Online. Foto: Istimewa
Jakarta -

Anak-anak mungkin sudah punya kamera di smartphone atau laptop. Tapi terkadang, untuk kebutuhan tertentu diperlukan webcam eksternal, paling tidak webcam murah berkualitas untuk menunjang kegiatan sekolah online di rumah.

Beberapa guru memerlukan kehadiran murid-muridnya lewat video, dan anak-anak kadang akan diminta menyelesaikan tugas berbentuk video. Webcam juga berguna meningkatkan kualitas gambar video sehingga proses belajar mengajar bisa lebih nyaman.

Jadi, tidak ada salahnya menambah webcam yang tidak terlalu mahal namun oke kualitasnya. Berikut ini 5 webcam murah untuk sekolah online di bawah Rp 1 juta, dirangkum detikINET dari berbagai sumber.

webcam murah

1. Havit HV-N5086

HV-N5086 besutan Havit perusahaan webcam asal Hong Kong, dibanderol di kisaran Rp 169.000 - Rp 200 ribu. Webcam Havit HV-N5086 mendukung video call pada resolusi 640 x 480 pixel.

Selain harganya yang murah, setidaknya ada tiga fitur unggulan lain dari webcam ini yaitu penggunaan yang mudah dengan sistem plug and play, punya tiga lampu LED jika kondisi ruangan tidak terlalu terang, dan microphone terintegrasi.

webcam murah

2. Logitech C270

Selanjutnya ada Logitech C270 yang desainnya ringkas. Webcam ini memungkinkan panggilan video dengan kualitas gambar yang tajam dan lebih lebar di resolusi HD 720p.

Beberapa fiturnya juga menarik, seperti microphone terintegrasi dengan fitur noise cancelling untuk pengurang bising, automatic light correction yang mengatur pencahayaan otomatis dan output warna lebih natural sesuai pencahayaan di ruangan, dan ada universal clip agar bisa dijepit di mana saja. Harganya sekitar Rp 323 ribu.

webcam murah

3. A4Tech PK-900H

Pilihan webcam murah untuk sekolah online berikutnya adalah A4Tech PK-900H dengan harga sekitar Rp 340 ribu. Kamera A4Tech PK-900H didukung 1080p Full HD sehingga kualitas gambarnya bagus serta microphone berkualitas untuk mendukung suara lebih natural dan detail.

Pencahayaannya maksimal agar video call terlihat jelas dalam kondisi gelap sekalipun. Webcam yang cukup mini ini juga punya intelligent multi sampling, dan fungsi transfer gambar yang diklaim tidak akan blur dan nge-lag.

webcam murah


4. Microsoft LifeCam HD-3000

Microsoft Lifecam HD-3000 dibanderol dengan harga Rp 600.000. Webcam ini sudah mampu menghasilkan perekaman video dengan kualitas HD 720p dan dibekali microphone yang berfungsi untuk mengurangi bising di sekitar. Selain itu ada fitur true color yang mampu menghasilkan gambar lebih terang bahkan dengan latar belakang gelap sekalipun.

webcam murah

5. Logitech C525

Dibanderol seharga Rp 899.000, Logitech C525 punya sejumlah kelebihan antara lain desain fold and go yang dapat dilipat menjadi ukuran lebih ringkas. Desain lipatnya ini berguna untuk melindungi lensa sehingga aman ketika dimasukkan ke dalam tas, dompet, atau bahkan saku.

Selain itu, Logitech C525 dapat diputar 360 derajat sehingga lebih fleksibel untuk mendapatkan gambar pada sudut yang tepat. Untuk mendukung hal tersebut Logitech C525 dilengkapi dengan fitur Autofocus. Jadi, dari sudut manapun kamera Logitech C525 bisa menangkap gambar yang tetap fokus.

Fitur lain dari salah satu webcam murah yang bisa menunjang kegiatan sekolah online ini adalah mendukung panggilan video di resolusi HD 720p, dilengkapi microphone terintegrasi dengan fitur noise cancelling, dan fungsi koreksi cahaya otomatis.



Simak Video "Usaha Ruangguru Permudah Pembelajaran Jarak Jauh"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/vmp)