Intel Pamer Thunderbolt 4, Apa Kelebihannya?

Intel Pamer Thunderbolt 4, Apa Kelebihannya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 10 Jul 2020 22:14 WIB
Intel Thunderbolt 4
Intel Thunderbolt 4. Foto: Dok. Intel
Jakarta -

Intel memamerkan sejumlah fitur utama yang bakal dibawa oleh protokol Thunderbolt 4 barunya, yang bakal terintegrasi dengan prosesor mobile generasi selanjutnya yang bernama Tiger Lake.

Intel Tiger Lake dijadwalkan akan hadir pada 2020 ini untuk sistem Windows, Mac, dan Linux, dan bakal dilengkapi dengan dukungan terhadap Thunderbolt 4, demikian dikutip detikINET dari Digital Trends, Jumat (10/7/2020).

Sama seperti Thunderbolt 3, Thunderbolt 4 juga akan mendukung tiga fungsi lewat satu kabel, yaitu pengisian daya, transfer data, dan juga video. Thunderbolt 4 juga bakal kompatibel dengan standar USB4, yang punya keamanan lebih tinggi, mendukung penggunaan multi monitor, dan kecepatan transfer data sampai 40Gbps.

Lewat Thunderbolt 4, Intel menjanjikan dukungan untuk dua monitor 4K atau satu monitor 8K. Intel juga mewajibkan PC yang kompatibel dengan standar Thunderbolt 4 untuk bisa 'dibangunkan' secara otomatis jika terhubung dengan docking Thunderbolt, bisa diisi dayanya menggunakan setidaknya 1 port, dan mendukung direct memory access (DMA) untuk keamanan yang lebih baik.

Menurut Intel, semua PC yang mendukung Thunderbolt 4 juga akan kompatibel dengan standar USB4. Thunderbolt 4 akan terintegrasi dengan semua laptop yang menggunakan prosesor Intel Tiger Lake, dan Intel juga merilis kontroler seri 8000 untuk mendukung penggunaan standar tersebut di perangkat desktop.

Sama seperti standar Thunderbolt generasi sebelumnya, Thunderbolt 4 juga bisa dipakai di aksesoris seperti storage portabel, kartu grafis eksternal, docking, hub, power supply, dan juga monitor. Aksesoris ini juga bisa dipasang secara daisy chain untuk mengurangi kekusutan kabel di meja kerja.

Perangkat yang nantinya mendukung Thunderbolt 4 akan diberi logo Thunderbolt lengkap dengan nomor '4' di sebelahnya. Intel menyebut kabel Thunderbolt yang didukung adalah yang panjangnya 0,2 sampai 2 meter, namun ke depannya akan tersedia varian kabel dengan panjang 5 meter sampai 50 meter.

Kabel Thunderbolt 4 ini menurut Intel bisa menggantikan bermacam standar kabel yang sudah ada, seperti kabel USB-C, kabel USB3 Display Port, kabel USB4 20Gbps, dan kabel USB4 40GBps.



Simak Video "Intel Daftarkan Lisensi Khusus Demi Pasok Huawei"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)