Apple Diduga Mau Bikin Keyboard dari Kaca

Apple Diduga Mau Bikin Keyboard dari Kaca

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 07 Jul 2020 11:44 WIB
MacBook Air
Butterfly keyboard di MacBook (Foto: Pocket Lint)
Jakarta -

Setelah keyboard 'butterfly'-nya gagal dan menggantinya dengan Magic Keyboard, tampaknya Apple belum kapok bereksperimen dengan keyboard.

Hal ini terungkap dari pendaftaran paten terbarunya, di mana Apple mendaftarkan paten tombol keyboard yang terbuat dari kaca, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Senin (6/7/2020).

Dasar dari pemilihan bahan kaca ini adalah bahan tersebut bakal bertahan lebih lama tanpa pudar, namun juga bisa dipakai di perangkat yang lebih kecil, seperti tablet ataupun laptop. Selain itu kaca juga dianggap lebih baik untuk penggunaan backlit atau lampu yang ada di bawah tombol.

Dengan menggunakan kaca, menurut Apple, seluruh bagian tombol bisa menyala jika dipasangi backlit, dan juga bisa memberikan efek yang lebih dramatis ketika berubah warna.

"Keycap bisa terlihat dramatis saat berubah warna saat pencahayaan backlit berubah warnanya. Contohnya, dua warna atau LED RGB yang dipakai untuk backlit bisa mengubah warna keycap dengan proporsi yang lebih besar," tulis Apple.

Belum jelas apakah yang dimaksud Apple ini sekadar mengganti bahan tombol keyboard dengan kaca atau membuat keyboard secara keseluruhan dari bahan kaca, layaknya sebuah layar besar. Tak jelas juga apakah mereka benar-benar akan mewujudkan paten ini atau sekadar mendaftarkan temuannya, seperti yang biasa mereka lakukan.

Namun sejauh ini keyboard dengan tombol fisik seharusnya terasa lebih nyaman saat dipakai mengetik dalam waktu lama ketimbang mengetik di layar sentuh ponsel ataupun tablet.



Simak Video "iPhone Dikabarkan Akan Berubah Nama Jadi Apple Phone"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)