Rekam Video ala Profesional Bermodal Smartphone Huawei P40 Series

Rekam Video ala Profesional Bermodal Smartphone Huawei P40 Series

Angga Laraspati - detikInet
Sabtu, 04 Jul 2020 08:05 WIB
Huawei P40
Foto: Dok. Huawei
Jakarta -

Teknologi kamera smartphone saat ini makin memanjakan penggunanya, terutama untuk mengabadikan momen spesial sehari-hari. Tidak hanya itu, kini kamera smartphone juga sudah digunakan oleh para pembuat film amatir hingga profesional.

Penggunaan smartphone dapat menyederhanakan membuat suatu video atau film di mana tidak ada batasan antara sutradara dengan cerita yang ingin disampaikan. Tren inilah yang diprediksi akan semakin meningkat dan menarik untuk dinantikan.

Dari sejumlah smartphone yang ada di pasaran saat ini, Huawei seri P40 menawarkan sebuah fitur kamera dengan fitur andalannya yang dapat mendukung pengambilan video dengan kualitas yang tinggi. Seri flagship terbaru dari Huawei ini memberikan pengambilan video layaknya film dengan format yang dapat diputar di berbagai perangkat.

Seperti Huawei P40 Pro dan Pro+ yang dipasangi Ultra Wide Cine Camera yang bekerja seperti kamera film mini yang dapat dimasukkan ke dalam saku. Dirancang untuk menambahkan efek sinematik dalam momen sehari-hari, kamera serbaguna ini mampu menambahkan rangkaian fungsi baru dalam sistem kamera Ultra Vision Leica dari Huawei P40 Series sehingga memudahkan penggunanya dalam menuangkan kreativitas dalam pengambilan video. Tak hanya itu saja, ada lagi fitur-fitur lainnya dari kamera Huawei Seri P40, berikut daftarnya.

Video Low-Light Terbaik

Tak ada yang lebih menantang dibandingkan mengambil gambar dalam keadaan cahaya yang minim, bahkan ketika menggunakan peralatan profesional. Hal ini dikarenakan saat pengambilan gambar dalam cahaya minim harus menggunakan cahaya tambahan agar hasilnya lebih maksimal.

Namun tidak bagi Huawei yang memiliki Ultra Wide Cine Camera yang memanfaatkan sensitivitas cahaya dari ISO 512000 untuk mendukung pengambilan gambar minim cahaya. Selain itu dengan adanya teknologi Sedecim Pixel Fusion yang semakin meningkatkan performa perekaman.

Video HDR

Pengambilan gambar dengan kualitas HDR bukan lagi menjadi masalah bila menggunakan Huawei P40 Series. Aplikasi pada kamera P40 Series mendukung proses ini sehingga video yang dihasilkan memiliki tingkat kontras yang tinggi sehingga data dapat terlihat jelas baik dalam kondisi terang maupun gelap.

Huawei P40Huawei P40 Foto: Dok. Huawei

Peningkatan dalam bidang warna pun menjadikan video yang diambil memiliki efek yang lebih sinematik. Kemampuan untuk merekam video dengan kualitas 4K juga semakin memperkuat hasil akhir dan menjadikan video dapat diputar dengan nyaman di berbagi perangkat. Tidak hanya dengan kamera belakang, rekaman video 4K pun dapat dilakukan dengan kamera depan bagi perangkat P40 Pro dan P40 Pro+.

Ultra Slow Motion

Hadirnya Ultra Wide Cine Camera juga memungkinkan pengguna dapat merekam gerakan lambat dengan Ultra Slow-motion, sebuah pengambilan video yang mempunyai hasil yang memuaskan. Dengan mode rekaman di 7680 fps akan menghasilkan rekaman 1/256 dari kecepatan asli sehingga kita dapat lebih mengapresiasi setiap detil.

Buat yang ingin mencobanya, ada beberapa subjek rekaman untuk video slow motion, seperti tetesan air yang bisa ditangkap pada 960 fps, aktivitas olahraga seperti tenis dan lari dengan 1920 fps, dan memecahkan balon pada 7680 fps.

Zoom Audio Terarah

Salah satu fitur yang akan sangat menguntungkan para pembuat film smartphone adalah zoom audio terarah yang dimiliki Huawei P40 Pro+ dan Huawei P40 Pro. Fitur ini memudahkan untuk merekam dan juga melakukan zoom pada sebuah sumber suara sehingga dapat dengan jelas terdengar.

Lokalisasi suara dapat ditentukan dengan mengukur perbedaan intensitas input dari 3 mikrofon yang terletak di atas, bawah, dan belakang perangkat, sehingga dapat dengan efektif mengurangi kebisingan suara dari lingkungan sekitar.

Tidak hanya merevolusi fotografi, Huawei Seri P40 juga membawa peningkatan signifikan untuk rekaman video. Mulai dari kamera hingga teknologi pendukungnya menjadi alat yang tepat bagi para sinematografer pemula maupun profesional dalam mengeksplorasi berbagai kemungkinan yang dapat dilakukan dalam merekam sebuah video.

(prf/ega)