MediaTek Rilis Helio G35 dan G25, Murah Tapi Piawai untuk Gaming

MediaTek Rilis Helio G35 dan G25, Murah Tapi Piawai untuk Gaming

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 01 Jul 2020 21:19 WIB
Helio G35
Helio G35 diklaim piawai untuk gaming. Foto: MediaTek
Jakarta -

MediaTek baru saja merilis chipset Helio G35 dan G25 untuk ponsel entry level. Keduanya diklaim handal untuk gaming.

"Mobile gaming merupakan cara yang sekarang dipilih untuk hiburan di berbagai segmen pasar, dan MediaTek memperluas seri G untuk memenuhi kebutuhan yang besar akan smartphone gaming mainstream dengan harga bersaing," kata Dr Yenchi Lee, Deputy General Manager Wireless Communications Business Unit MediaTek dalam keterangan resminya.

"MediaTek Helio G25 dan G35 menawarkan fitur-fitur smartphone premium yang sudah ada di lini seri G kami lainnya, termasuk efisiensi daya yang lebih tinggi, kinerja optimal, permainan yang lebih mulus, dan fotografi lebih baik," klaim Lee.

Kedua chipset ini ditenagai CPU Arm Cortex-A53. Mereka beroperasi hingga 2GHz untuk MediaTek Helio G25 dan 2,3GHz untuk G35.

MediaTek menyematkan GPU IMG PowerVR GE8320 dengan kecepatan hingga 650MHz untuk G25 dan 680MHz untuk G35. Kedua chip dibuat dengan arsitektur proses 12nm.

Perpadu dengan pengelolaan daya cerdas MediaTek HyperEngine menjanjikan umur baterai panjang dan efisiensi daya. Bahkan ketika bermain game dalam waktu lama.

Helio G35Helio G25 Foto: MediaTek


Ketika sinyal Wi-Fi lemah, teknologi ini secara cerdas mengaktifkan konkurensi Wi-Fi dan LTE dalam waktu milidetik, memastikan koneksi tanpa lag. MediaTek HyperEngine juga memungkinkan pengguna dapat menunda panggilan ketika bermain game, mencegah putusnya koneksi atau berhentinya permainan untuk menerima panggilan.

Namun MediaTek G35 dan G25 tidak sekadar gaming. Chipset ini mendukung multi kamera dan kemampuan foto bokeh.

Helio G25 mendukung kamera tunggal hingga 21MP di 30fps. Sementara G35 mendukung hingga 25MP dan fitur-fitur kamera AI termasuk efek bokeh tersimulasi.

Mendukung Electronic Image Stabilization (EIS) dan Rolling Shutter Compensation (RSC) yang mampu mengurangi video melengkung (efek jello) ketika merekam video panning. Kedua chip ini memungkinkan para pembuat smartphone untuk mengadopsi peningkatan AI kamera seperti efek beautify, album foto cerdas, dan meningkatkan presisi dalam pemotretan bokeh.

Chipset Helio G35 sudah bisa dinikmati lewat Realme C11 yang belum lama ini diumumkan dan Redmi 9C. Sementara Helio G25 diadopsi oleh Redmi 9A.

Helio G35Helio G35 dan Helio G25 Foto: MediaTek


Simak Video "Sempat Terkendala Izin, Akhir Juli Ponsel Gaming ROG Siap Dipasarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)