Huawei P40, P40 Pro dan P40 Pro+ Sama-sama Menggoda, Pilih Mana?

Huawei P40, P40 Pro dan P40 Pro+ Sama-sama Menggoda, Pilih Mana?

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikInet
Selasa, 30 Jun 2020 07:30 WIB
Huawei P40 Pro
Foto: dok Huawei
Jakarta -

Kebutuhan akan smartphone di masa new normal meningkat dengan sangat pesat. Dengan munculnya berbagai merek smartphone, sekarang semakin banyak pilihan ponsel dengan berbagai fungsionalitas berbeda untuk para penggunanya.

Salah satu merek ponsel terbaik yaitu Huawei, meluncurkan tiga perangkat berbeda untuk Huawei P40 Series. Tiga perangkat tersebut adalah Huawei P40, P40 Pro, dan P40 Pro+.

Ketiga perangkat yang telah diluncurkan oleh Huawei tersebut, tentunya memiliki perbedaan dari segi fungsionalitas yang menyasar kebutuhan para penggunanya. Nah, perangkat manakah yang cocok untuk digunakan untuk kebutuhan berbeda penggunanya?

Agar lebih kenal dengan Huawei P40 Series, mari lihat perbandingan dari ketiga perangkat terbaru dari Huawei ini.

Layar

Huawei P40 memiliki layar yang lebih kecil dan datar serta bezel yang lebih tebal daripada kedua perangkat Pro. Namun, walaupun layar pada P40 Pro dan P40 Pro+ lebih besar, keduanya tidak sebesar smartphone flagship lainnya di pasaran. Hal tersebut merupakan keputusan dari Huawei untuk memberikan smartphone yang nyaman, saat digenggam dengan satu tangan maupun saat dimasukkan ke dalam saku pengguna.

Model Huawei P40 Pro maupun P40 Pro+ memiliki Overflow Display yang terinspirasi dari permukaan air yang tumpah sehingga bezel-nya sangatlah tipis dan hampir tidak terlihat. Dengan keadaan bezel yang tipis di seluruh sudut perangkat, pengguna dapat memperolah pengalaman menonton yang lebih imersif dan tentunya lebih memuaskan.

Pada Huawei P40 telah disematkan dengan layar yang memiliki refresh rate 60Hz, sementara untuk Huawei Pro dan Pro+ menawarkan layar 90Hz yang 50% lebih baik daripada layar 60Hz.

Desain

Dari pilihan warna, sebagai entry level, Huawei P40 memiliki pilihan warna putih, hitam, dan biru berlapiskan kaca. Sedangkan untuk Huawepi P40 dan P40 Pro+ mendapatkan opsi yang lebih elegan, berwarna silver dan pink dengan dilapisi matte yang tidak meninggalkan jejak jari walaupun terbuat dari kaca. Selain itu, untuk P40 Pro+ ada juga pilihan berlapis keramik dengan warna hitam dan putih.

Dilihat secara sekilas, ketiga perangkat ini tampak sama dari segi ukuran. Akan tetapi, Huawei P40 Pro dan P40 Pro+ memiliki layar yang lebih melengkung, sementara untuk P40 mendapatkan layar yang datar. Dari segi keluasan layar, hal tersebut ditonjolkan pada P40 Pro dan P40 Pro+ dengan layar sebesar 6.58 inci, lebih besar dari layar P40 yang hanya 6.1 inci walaupun ketiganya memiliki posisi kamera yang sama.

Kesan flagship pada perangkat P40 Pro dan P40 Pro+ pun lebih terasa, dengan sisi ponsel yang juga melengkung.

Huawei P40 ProHuawei P40 Pro Plus Foto: dok Huawei

Performa

Ketiga smartphone ini, telah disematkan dengan inovasi Huawei dalam perangkat lunak dan keras. Pada bagian perangkat keras, P40 Series seluruhnya menggunakan chipset Kirin 990 5G. Untuk perangkat lunak, ketiganya telah disematkan EMUI 10.1 dan Huawei Mobile System di mana nantinya para pengguna dapat memperoleh aplikasi-aplikasi melalui Huawei AppGallery.

Di sisi kapasitas baterai, ketiganya memiliki perbedaan. Huawei P40 memiliki baterai berkapasitas 3.800 mAh, sedangan untuk Huawei Pro dan Pro+ mempunyai kapasitas 4.200 mAh. Kapasitas yang berbeda tersebut, tentunya berhubungan dengan perbedaan ukuran perangkat dan berbagai fitur yang dimiliki. Namun untuk urusan ketahanan daya ketiganya tidak perlu diragukan lagi.

Dalam segi pengisian daya, P40 memiliki fitur fast-charging­ 22.5W, sedangkan untuk P40 Pro dan Pro+ menggunakan fast-charging hingga 40W. Pengguna tidak perlu terburu-buru untuk mengisi daya, karena kecepatan pengisian ponsel yang sangat mumpuni. Selain itu, Huawei juga memperkenalkan pengisian daya nirkabel 40W untuk P40 Pro+, yang diklaim dapat mengisi daya tanpa kabel kurang dari 1 jam.

Kamera

Huawei P40 Series pada dasarnya disematkan dengan susunan triple-camera di bagian belakangnya yaitu lensa 50MP SuperSensing, lensa 16MP ultra-wide, dan lensa 8MP telephoto cameras. Kamera pada Huawei P40 juga diberikan dengan kemampuan untuk 3x optical zoom dan 5x hybrid zoom, serta 30x max zoom.

Sedangkan di P40 Pro, pengguna mendapatkan upgrade dengan kamera lensa 50MP SuperSensing, lensa 40MP ultra-wide, 8MP telephoto cameras, serta sensor time-of-flight yang akan memberikan 5x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan 50x max zoom.

Sementara pada P40 Pro+, selain fitur kamera yang sama dengan P30 Pro ditambahkan juga lensa 3x optical telephoto zoom sehingga mampu menghadirkan "SuperZoom" array sampai maksimal 100x zoom. Ketiga perangkat di P40 Series memiliki kamera selfie berlensa 32MP dengan sensor depth yang mumpuni untuk kebutuhan fotografi.

Huawei P40 ProHuawei P40 Pro Foto: dok Huawei

Jadi Pilih Yang Mana?

Ketiga perangkat Huawei P40 Series tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. Setelah melihat perbandinganya, tentu pengguna dapat lebih mudah memilih smartphone mana yang cocok untuk dijadikan teman dalam beraktvitas.

Bila kamera utama yang menjadi kebutuhan, maka HUAWEI P40 Pro atau HUAWEI P40 Pro+ dapat menjadi pilihan pengguna. Sementara, bila ingin memiliki smartphone dengan spesifikasi mumpuni namun masih dengan harga yang bersahabat, HUAWEI P40 bisa menjadi pilihan yang tepat.

bensu


Simak Video "Diboyong ke Indonesia, Berapa Harga HUAWEI P40 Pro?"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/fay)