Earbud LG Bisa Bersih Sendiri saat Di-charge

Earbud LG Bisa Bersih Sendiri saat Di-charge

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 26 Jun 2020 15:29 WIB
TWS LG
Earbud LG Bisa Bersih Sendiri saat Di-charge. (Foto: LG)
Jakarta -

LG resmi memasuki pasar true wireless stereo (TWS) dengan merilis Tone Free HBS-FN4 dan HBS-FN6. Perbedaan di antara keduanya, seri HBS-FN6 adalah opsi yang high-end karena punya fungsi self-cleaning alias bisa membersihkan diri.

Fitur self-cleaning menjadi jualan utama earbud LG. Selain fitur tersebut, audio earbud ini didukung Meridian. Desainnya pun dibuat akrab dengan Meridian Audio dengan dua pilihan warna hitam dan putih.

Fungsi Membersihkan Diri

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, HBS-FN6 yang lebih high-end memiliki fitur self-cleaning yang akan otomatis aktif ketika earbud ditempatkan di charging case.

Dikutip dari Digital Trends, charging case ini diklaim menghilangkan 99,9% bakteri menggunakan sinar ultraviolet yang fokus membersihkan area ujung silicon ear gel dan bagian dalam earbud.

Namun perlu diingat, meski disebut self-cleaning, fitur ini tidak menghilangkan kotoran, debu atau kotoran telinga yang menempel pada earbud.

TWS LGFoto: LG

Meridian Audio

Meridian Audio adalah perusahaan teknologi audio asal Inggris yang sudah eksis sejak 1977. Perusahaan ini menjadi mitra teknologi audio resmi LG pada 2018.

LG menyebutkan, teknologi Digital Signal Processing milik Meridian akan menambah dimensi ekstra pada suara di earbud-nya, menjanjikan audio yang realistis dengan penekanan pada vokal yang lebih bersih dan jelas.

HBS-FN6 maupun HBS-FN4 menampilkan pengaturan suara EQ khusus yang dikembangkan oleh Meridian, dengan empat preset yang menurut LG disesuaikan dengan pengalaman mendengarkan audio penggunanya.

Earbud ini memang tidak menawarkan teknologi active noise cancellation untuk meredam suara bising. Tapi LG berjanji eartip pada earbud akan pas dan tertutup rapat sehingga mampu mengisolasi dari kebisingan di sekitar. HBS-FN6 maupun HBS-FN4 juga dilengkapi Ambient Sound Mode yang memungkinkan suara eksterior masuk

TWS LGFoto: LG


Baterai dan Fitur Lain

Kedua earbud LG dijanjikan tahan selama enam jam waktu mendengarkan dan lima jam bicara, per sekali pengisian daya. HBS-FN6 dan HBS-FN4 telah bersertifikasi IPX4 waterproofing yang artinya tahan percikan air, hujan dan keringat.

Earbud ini kompatibel dengan Google Assistant dan Siri, serta dilengkapi fitur perintah sentuh untuk play, pause, skip, dan kontrol volume.

Keduanya juga kompatibel dengan Android dan iOS, dilengkapi Bluetooth 5.0, dan mendukung SBC dan AAC audio codec. Belum ada informasi berapa harga earbud ini. LG akan mulai memasarkannya di Eropa dan AS mulai bulan depan.



Simak Video "Canggih! LG Perkenalkan Mesin Cuci dengan Kecerdasan Buatan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)