7 Fitur iOS 14 yang 'Jiplak' Android - Halaman 2

WWDC 2020

7 Fitur iOS 14 yang 'Jiplak' Android

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 23 Jun 2020 14:00 WIB
iOS 14
iOS 14. Foto: Apple

Arah Sepeda di Apple Maps

Apple Maps yang diperbaharui menyediakan cara bepergian lebih ramah lingkungan dengan bersepeda. Ada opsi jalur sepeda terdedikasi dan mendetail untuk membantu memberi arah para pesepeda, termasuk misalnya ketinggian dan ada benda seperti tangga.

Meski memang tidak sama detail, Google Maps di Android sudah punya opsi 'cycling' sejak tahun 2010. Jalur sepeda juga sudah memasukkan faktor seperti ketinggian.

iOS 14Arah sepeda. Foto: Apple

Picture-in-picture

Dengan fitur ini pengguna iPhone tetap bisa memutar video sembari membuka aplikasi yang lain, di mana video diperkecil. Swipe ke sisi kiri atau kanan untuk menyembunyikan video namun tetap terdengar audionya.

Pengguna Android pasti sudah cukup lama akrab dengan fitur semacam itu. Namun memang tidak sama lengkap karena jika video diswipe, audionya ikut menghilang, tak seperti di iOS 14.

iOS 14Picture in picture. Foto: Apple

Wind Down Mode

Fitur di iOS 14 yang dinamakan Wind Down Mode membantu user bersiap-siap tidur tanpa gangguan dari smartphone. Bekerja di iPhone dan Apple Watch, user dapat menjadwalkan waktu tidur dan bangun, kemudian mode ponsel jadi mode Do Not Disturb di waktu tersebut.

Google diketahui sudah punya fitur yang kurang lebih sama di Android. Cukup search Routines di Android, pengguna dapat menjalankan berbagai setting sejenis agar tidurnya nyenyak.

Mengganti Aplikasi Default

Fitur ini termasuk perubahan signifikan yang terjadi di iOS 14. Untuk pertama kalinya sejak peluncuran iOS, Apple memberikan pilihan bagi user untuk mengubah aplikasi default.

Akan tetapi hal itu hanya berlaku untuk browser dan email untuk saat ini. Nah, pengguna Android di sisi lain sudah bisa mengganti aplikasi default sesuai keinginan selama bertahun-tahun.

(fyk/fay)