WWDC 2020 Apple Digelar Online, Intip Bocoran Fitur Baru iOS 14

WWDC 2020 Apple Digelar Online, Intip Bocoran Fitur Baru iOS 14

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 22 Jun 2020 10:33 WIB
WWDC 2020
WWDC 2020 Apple Digelar Online, Intip Bocoran Fitur Baru iOS 14 (Foto: Apple)
Jakarta -

Worldwide Developer Conference (WWDC) merupakan salah satu event tahunan terbesar Apple. Untuk gelaran tahun ini, WWDC 2020 akan berlangsung pada 22 Juni dalam format yang berbeda.

Karena virus Corona, Apple akan menghadirkan semua konferensinya khusus dalam bentuk digital. Dalam event tahu ini, perusahaan besutan Steve Jobs ini akan mengenalkan pembaruan untuk beberapa software pentingnya seperti iOS, macOS, watchOS dan lain-lain.

Update tahunan untuk iOS selalu menjadi bintang utama di setiap event WWDC. Beberapa bocoran juga sudah mengungkap fitur-fitur baru apa saja yang akan diusung oleh sistem operasi ini.

Dikutip detikINET dari The Verge, Senin (22/6/2020) iOS 14 dikabarkan akan lebih fokus pada performa dan stabilitas ketimbang menambahkan banyak fitur baru. Tapi tetap ada beberapa fitur baru yang patut ditunggu.

Rumor menyebutkan Apple akan menerapkan perubahan yang substansial untuk halaman depan iOS. Salah satunya adalah cara baru menampilkan aplikasi yang disebut mirip seperti Android, lengkap dengan beberapa opsi untuk mengurutkannya.

Rumor lainnya menyebutkan Apple mungkin akan menghadirkan widget untuk home screen. Jika benar ini akan menjadi kejutan mengingat Apple sebelumnya selalu menolak menampilkan widget di home screen iOS.

Selain itu, Apple dikabarkan akan mengizinkan aplikasi pihak ketiga untuk menjadi aplikasi default, menggantikan aplikasi buatan Apple. Jika benar, ini sepertinya tanggapan Apple terhadap klaim bahwa mereka lebih mementingkan aplikasi dan layanan buatannya.

iOS versi baru tidak lengkap tanpa aplikasi baru, dan beberapa bocoran menyebutkan Apple sedang menyiapkan beberapa aplikasi. Pertama ada aplikasi fitness dengan nama kode 'Seymour' (kemungkinan akan diubah menjadi 'Fit' atau 'Fitness') yang akan menyediakan video panduan untuk fitness dan kegiatan olahraga lainnya.

Ada juga aplikasi augmented reality baru dengan nama kode 'Gobi' yang belum diketahui akan menawarkan fungsi dan fitur apa tapi dikembangkan menggunakan kode QR baru buatan Apple.

Update ini juga akan membawa beberapa tweak dan peningkatan untuk iOS 14. Aplikasi iMessage misalnya akan mendapatkan fitur mentions dan kemampuan untuk menghapus pesan dari sebuah utas.

Apple juga diperkirakan akan meluncurkan fitur 'CarKey' yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan iPhone atau Apple Watch sebagai kunci mobil NFC untuk membuka kunci mobil. Ada juga beberapa fitur baru HomeKit, termasuk fitur untuk mengubah temperatur cahaya sepanjang hari.

Apple sepertinya juga akan membawa peningkatan untuk iCloud Keychain, layanan manajemen password miliknya. Tool ini dirumorkan akan mendapatkan fitur pengingat baru agar pengguna rajin mengubah passwordnya, sekaligus fitur two-factor authentication.

Terakhir, Apple disebut akan menambahkan API baru bernama 'Clips'yang memungkinkan pengguna menjajal sebuah aplikasi tanpa mengunduhnya secara penuh dengan cara memindai QR code.

Seperti sebelumnya sesi keynote WWDC akan disiarkan dari Apple Park, 22 Juni 2020 mulai pukul 10.00 pagi waktu setempat atau 23 Juni 2020 pukul 00.00 WIB. Kamu bisa melihatnya lewat Apple.com dan YouTube.



Simak Video "Yang Terbaru dari iOS 14"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)