Huawei Mate 40 Bakal Pakai Kamera 108 Megapixel?

Huawei Mate 40 Bakal Pakai Kamera 108 Megapixel?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 16 Jun 2020 10:15 WIB
Huawei Mate 30 Pro
Peluncuran Huawei Mate 30 Pro. Foto: Dok. Huawei
Jakarta -

Huawei disebut bakal merilis seri Mate 40 pada Oktober mendatang, dan ponsel flagship mereka itu kabarnya bakal mempunyai kamera belakang 108 megapixel.

Rumor ini berasal dari sejumlah sumber yang bekerja sebagai pemasok komponen untuk Huawei. Menurut sumber itu, Mate 40 dan Mate 40 Pro bakal menggunakan sensor 108 megapixel untuk kamera utamanya, yang dipasangkan dengan lensa yang performanya meningkat signifikan.

Lensa yang dimaksud adalah 9P FreeForm, yang disebut bisa menghilangkan penurunan kualitas gambar dan distorsi, demikian dikutip detikINET dari Gizmochina, Selasa (16/6/2020).

FreeForm ini adalah teknologi pembuatan lensa yang sangat presisi dan dikontrol oleh komputer. Teknologi ini diklaim bisa meningkatkan ketajaman sekaligus mengurangi noise serta blur pada gambar.

Dengan kata lain, lensa ini bisa menghasilkan gambar yang lebih detail dan bagus ketimbang lensa konvensional, tepatnya ponsel lain yang juga menggunakan sensor 108 megapixel.

Menurut Lin En-Ping, CEO Largan Precision, perusahaannya itu sudah selesai mengembangkan modul lensa FreeForm dan 9P, dan bakal mulai dikapalkan pada Q4 2020. Largan adalah perusahaan asal Taiwan yang menjadi pemasok modul lensa kamera yang dipakai ponsel, tablet, dan kamera digital.

Huawei Mate 40 diperkirakan akan memakai chip kirin 1020 sebagai otaknya, yang dibuat dengan pabrikasi 5nm. Chip ini dijanjikan punya performa 15% lebih kencang dan konsumsi daya 30% lebih irit dibanding pendahulunya yang dibuat dengan arsitektur 7nm.

Sayangnya, sebagus apapun spesifikasi dan kamera di ponsel buatan Huawei, selama mereka belum bisa 'berdamai' dengan Amerika Serikat, maka ponsel tersebut tetap tak bisa menggunakan Google Mobile Services (secara resmi) dan hanya bisa memakai Huawei Mobile Services yang masih terbatas layanannya.



Simak Video "Usung Kamera Andal, Huawei Mate 40 Pro Jawab Kebutuhan Vlogger!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fyk)