Begini Bocoran Perangkat Android TV Anyar Google

Begini Bocoran Perangkat Android TV Anyar Google

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 04 Jun 2020 22:12 WIB
Google Android TV
Foto: Istimewa
Jakarta -

Google disebut bakal membuat perangkat serupa Chromecast namun dengan kemampuan lebih baik, yaitu mempunyai sistem operasi Android TV.

Baru-baru ini muncul bocoran gambar dari perangkat tersebut, yang punya kode 'Sabrina'. Belum jelas nama apa yang nantinya bakal dipakai saat dirilis, namun tampaknya Sabrina ini akan berada di bawah branding Google Nest.

Dari bocoran gambar yang ada, terlihat kalau Sabrina punya bentuk mirip Chromecast Ultra dengan sedikit perbedaan bentuk dan ukuran serta piilhan warna. Produk ini pun disebut bakal menjadi penerus Chromecast Ultra, meski punya sistem yang berbeda.

Seperti diketahui, Chromecast -- untuk semua varian -- membutuhkan ponsel atau perangkat kompatibel lain untuk memilih konten yang akan di-cast ke televisi lewat perangkat tersebut.

Sementara Android TV adalah sebuah sistem operasi sendiri untuk televisi. Dengan kata lain, perangkat Android TV bisa beroperasi secara independen tanpa membutuhkan perangkat lain untuk memilih konten, kecuali tentu remote untuk mengontrol perangkat tersebut.

Dongle Android TV ini bisa mengubah televisi biasa menjadi sebuah smart TV, atau mengubah smart TV dengan platform lain seperti Tizen ataupun WebOS menjadi televisi berbasis Android TV.

Dilansir XDA Developers, Kamis (4/6/2020), Google bakal menjual dongle Android TV ini dengan remote khusus untuk bersaing dengan Apple TV. Belum jelas kapan perangkat ini akan dirilis ataupun harga jualnya.



Simak Video "Batal Dibatasi 1 Jam, Video Call Google Meet Masih Gratis 24 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)