Deretan Fitur Baru Android, Apa Saja?

Deretan Fitur Baru Android, Apa Saja?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 02 Jun 2020 21:38 WIB
NEW YORK, NY - OCTOBER 15: The new Google Stadia gaming system controller is displayed during a Google launch event on October 15, 2019 in New York City. Googles Stadia game streaming service will launch on November 19th.  (Photo by Drew Angerer/Getty Images)
Google Pixel 4 (Foto: Getty Images/Drew Angerer)
Jakarta -

Pengguna ponsel Android bakal kebagian sejumlah fitur baru yang akan disebar Google dalam beberapa bulan ke depan. Apa saja fitur barunya?

Deretan fitur baru ini akan didapat oleh pengguna Pixel terlebih dahulu, yaitu mulai minggu ini, termasuk sejumlah fitur tambahan yang hanya akan didapat oleh pengguna Pixel. Sementara untuk fitur tambahan di ponsel Android non Pixel akan didapat lewat pembaruan aplikasi yang sudah ada.

Contohnya adalah aplikasi Digital Wellbeing yang akan kedatangan mode Bedtime sebagai pengganti Wind Down. Saat mode ini dinyalakan, maka opsi Do Not Disturb akan aktif dan mematikan semua notifikasi seperti panggilan telepon dan SMS. Lalu mode Bedtime akan membuat ponsel mengubah warna di layar menjadi hitam putih.

Mode Bedtime ini juga bisa diatur waktu aktifnya, baik secara otomatis pada jam tertentu atau bisa juga saat pengguna mengisi baterai ponsel. Lalu ada juga opsi yang membuat pengguna bisa menyetop sementara mode Bedtime ini tanpa perlu mengatur ulang jadwal mode ini.

Aplikasi Clock juga akan mendapat opsi untuk mengatur mode Bedtime, di mana pengguna bisa mengatur waktu tidur setiap harinya, termasuk mengatur waktu bangun tidur. Pengguna akan menerima pengingat sebelum mode ini aktif dan ada opsi untuk memutar suara-suara atau lagu yang menenangkan dari berbagai layanan seperti Spotify, YouTube Music, dan Calm.

Ponsel yang sudah mendukung fitur Digital Wellbeing juga bisa mensinkronkan fitur tersebut dengan mode Bedtime untuk menghindari adanya interupsi saat tidur. Sementara aplikasi Clock juga akan kebagian fitur Sunrise Alarm untuk membangunkan penggunanya dengan lebih lembut.

Mode Bedtime juga bakal merambah YouTube, di mana pengguna punya opsi untuk memunculkan pengingat waktu tidur di aplikasi tersebut. Opsinya bisa dipilih antara menampilkan pengingat saat waktu tidur sudah tiba atau setelah video yang sedang ditonton sudah selesai.

Terakhir, aplikasi Family Link juga bakal punya opsi pembatasan tambahan untuk anak. Seperti mengatur aktivitas screen time, mengatur aplikasi yang bisa diunduh, pembelian in-app, dan juga waktu tidur di perangkat anak.