Sudah Ditunda, Android 11 Beta Kok Tetap Meluncur?

Sudah Ditunda, Android 11 Beta Kok Tetap Meluncur?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 02 Jun 2020 18:34 WIB
FILE PHOTO: A 3D printed Android mascot Bugdroid is seen in front of a Google logo in this illustration taken July 9, 2017. Picture taken July 9, 2017.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration - RC1B112FBA80/File Photo
Sudah Ditunda, Android 11 Beta Kok Tetap Meluncur? (Foto: Dado Ruvic/Reuters)
Jakarta -

Google sebenarnya sudah menunda peluncuran Android 11 beta ke pengguna, namun ada dua pengguna Pixel 4 XL yang mengaku sudah mendapat pembaruan tersebut.

Adalah Mishaal Rahman dari XDA Developer yang mengaku mendapat dua pesan pribadi di Twitter dari pengguna Pixel 4 XL yang mengaku mendapatkan pembaruan Android 11 versi beta.

Malah salah satunya menyertakan screenshot yang menunjukkan pembaruan berukuran 736 MB dan build number RPB1.200504.018 tersebut, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Selasa (2/6/2020).

Android 11 beta awalnya bakal dirilis pada ajang Google I/O seperti Android versi sebelumnya. Namun pandemi Corona memaksa Google untuk membatalkan konferensi developer tahunannya itu, dan memutuskan untuk menggeser peluncuran Android 11 beta ke 3 Juni.

Namun kemudian Google kembali menunda peluncurannya itu yang diasumsikan ada kaitannya dengan bermacam aksi demonstrasi yang terjadi setelah kasus pembunuhan George Floyd di Minneapolis, Amerika Serikat.

Dalam kicauan resminya Google menyebut ini bukanlah saat yang tepat untuk merayakan sesuatu. Mereka pun belum menentukan tanggal pengganti untuk peluncuran sistem operasi terbarunya itu.

Hal semacam ini bukan pertama kalinya terjadi. Pada 2016, sejumlah pengguna Nexus 6P menerima pembaruan Android 7 sebelum OS tersebut resmi dirilis. Meski sebenarnya pembaruan ternyata adalah pembaruan khusus untuk tim internal Google dan bertuliskan 'Confidential internal only'.

Namun label ini tak ada dalam screenshot yang diterima oleh si sumber. Hal ini mengindikasikan kalau pembaruan versi beta itu memang sebenarnya ditujukan untuk publik.



Simak Video "Canggih! Android Kini Dirancang Makin Ramah Penyandang Disabilitas"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)