Microsoft Mulai Sisihkan Windows 10 32-bit

Microsoft Mulai Sisihkan Windows 10 32-bit

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 15 Mei 2020 21:18 WIB
NEW YORK, NY - MAY 2: The Microsoft logo is illuminated on a wall during a Microsoft launch event to introduce the new Microsoft Surface laptop and Windows 10 S operating system, May 2, 2017 in New York City. The Windows 10 S operating system is geared toward the education market and is Microsofts answer to Googles Chrome OS. (Photo by Drew Angerer/Getty Images)
Microsoft Mulai Sisihkan Windows 10 32-bit (Foto: Drew Angerer/Getty Images)
Jakarta -

Microsoft mengambil langkah pertamanya untuk menghilangkan dukungan terhadap sistem operasi (OS) 32-bit, dan hanya akan mendukung OS 64-bit.

Dalam dokumen berisi syarat minimal sistem operasi untuk para original equipment manufacturer (OEM), dimulai pada Windows 10 version 2004 (pembaruan Mei 2020), Microsoft tak lagi mendukung OS versi 32-bit untuk perangkat baru dari OEM.

Ini artinya dalam waktu dekat sudah tak ada lagi PC built up/laptop yang menggunakan Windows 10 32-bit. Microsoft hanya akan menyuplai OS versi 64-bit kepada OEM yang mau merilis perangkat komputer baru.

Bisa dibilang, ini sebenarnya hanya sebuah langkah formalitas karena semua pembuat CPU desktop besar sudah tak lagi memproduksi prosesor 32-bit sejak lama.

Perlu diingat hal ini tak berdampak pada pengguna yang masih menggunakan Windows 10 versi 32-bit, setidaknya untuk saat ini. Microsoft mengaku masih berkomitmen untuk menyediakan pembaruan keamanan dan fitur untuk perangkat-perangkat tersebut.

Selain itu, Microsoft pun masih menyediakan Windows 10 versi 32-bit lewat kanal non-OEM untuk mendukung berbagai jenis skenario pembaruan, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Jumat (15/5/2020).

Pembaruan Mei 2020 Windows 10 diperkirakan akan hadir dalam waktu dekat, dengan sejumlah fitur baru seperti dukungan pengindeksan yang lebih baik, opsi untuk men-download file setup dari cloud, dan bermacam fitur lain.



Simak Video " Dihajar Corona, Saham Microsoft Bonyok"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)