Samsung Luncurkan Galaxy A Quantum dengan Keamanan Mutakhir

Samsung Luncurkan Galaxy A Quantum dengan Keamanan Mutakhir

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 15 Mei 2020 17:46 WIB
Samsung Galaxy A Quantum
Samsung Luncurkan Galaxy A Quantum, Ponsel dengan Keamanan Mutakhir (Foto: SK Telecom)
Jakarta -

Samsung dan SK Telecom baru saja meluncurkan Galaxy A Quantum. Ponsel ini digadang sebagai ponsel 5G pertama di dunia dengan teknologi Quantum Random Number Generator (QRNG).

Ponsel ini memiliki fitur yang sama dengan ponsel kebanyakan. Tapi yang membedakan tentu teknologi QRNG yang membuat ponsel ini lebih sulit untuk diretas dan meningkatkan keamanannya.

Dikutip detikINET dari Engadget, Jumat (15/5/2020) generator nomor acak normal biasanya digunakan untuk login ke sejumlah layanan ponsel, seperti platform pembayaran dan two-factor authentication. Layanan ini biasanya menjadi sasaran hacker karena mudah dibobol.

Tapi dengan chipset QRNG, angka acak tersebut dibuat menggunakan LED dan sensor CMOS dengan pola yang tidak bisa diprediksi. Sensor CMOS digunakan untuk menangkap 'quantum randomness' dari 'image noise' yang dipancarkan oleh LED.

Menurut keterangan SK Telecom, tidak ada teknologi di luar sana yang bisa meretas chipset bernama SKT IDQ S2Q00 tersebut. Sehingga Galaxy A Quantum termasuk salah satu ponsel paling aman yang ada di pasaran saat ini.

Tapi chipset tersebut hanya bisa meningkatkan keamanan beberapa aplikasi dan layanan milik SK Telecom saja, seperti SK Pay, login T ID dan Initial.

Galaxy A Quantum sendiri merupakan Galaxy A71 5G versi rebranded. Spesifikasinya pun sama yaitu layar Super AMOLED Infinity-O berukuran 6,7 inch dengan resolusi Full HD+ dan sensor sidik jari di bawah layar.

Galaxy A71Galaxy A71 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Ada empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP, lensa ultra-wide 12 MP, lensa makro 5 MP dan depth sensor 5 MP. Di bagian depan ada kamera 32 MP untuk selfie.

Ponsel ini dilengkapi dengan prosesor Exynos 980 dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB serta slot micro SD. Galaxy A Quantum menjalankan sistem operasi Android 10 dengan One UI 2.0.

Fitur-fitur lainnya antara lain 5G, Bluetooth 5.0, NFC, USB-C dan headphone jack 3,5 mm. Ponsel ini ditenagai dengan baterai 4.500 mAh dan pengisian cepat 25W.

Galaxy A Quantum hadir dengan tiga pilihan warna yaitu hitam, biru dan silver. Ponsel ini akan dijual perdana di Korea Selatan pada 22 Mei dengan banderol 649.000 Won atau sekitar Rp 7,8 juta.



Simak Video "Tips Motret Sinematik Pakai Samsung Galaxy S20 Series"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)