Ini Dia Ponsel Android Terlaris Q1 2020

Ini Dia Ponsel Android Terlaris Q1 2020

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 15 Mei 2020 06:02 WIB
Galaxy A51
Samsung Galaxy A51. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Penjualan ponsel Android kelas menengah terus meningkat dan menggerus penjualan ponsel flagship alias premium.

Inilah hasil laporan Strategy Analytics, yang menyebut Samsung Galaxy A51 adalah ponsel Android terlaris selama tiga bulan pertama di 2020. Mengikuti di posisi 2 adalah Xiaomi Redmi 8.

Ponsel Android Terlaris Q1 2020Ponsel Android Terlaris Q1 2020 Foto: Dok. Strategy Analytics

Pada posisi 3 adalah Galaxy S20 Plus, yang juga satu-satunya ponsel flagship yang ada di daftar enam besar ponsel Android terlaris Q1 2020 ini, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (14/5/2020).

"Banyak operator seluler yang mengurangi subsidi (untuk ponsel) selama beberapa tahun belakangan, dan banyak negara yang mengalami resesi setelah virus (Corona), konsumen ponsel secara global menjadi lebih sensitif terhadap harga," ujar Juha Winter, Associate Director Strategy Analytics.

"Konsumen menginginkan perangkat 'value-for-money' yang punya spesifikasi cukup bagus dengan harga terjangkau. Android memasuki era pascapremium," tambahnya.

Laporan dari Canalys juga menggambarkan data yang hampir sama, meski antara Canalys dan Strategy Analytics punya data berbeda mengenai ponsel Android mana yang paling laris. Namun hal ini terjadi karena keduanya punya cara berbeda dalam melakukan penghitungan.

Menurut Canalys, Redmi Note 8 dan 8T dihitung sebagai perangkat yang sama, dan ponsel ini jadi ponsel terlaris pada Q1 2020 dalam laporan mereka. Di posisi ke-2 barulah diisi oleh Galaxy A51.

Memang, ini bukanlah tren baru. Pada 2019 lalu pun ponsel yang paling laris adalah seri Galaxy A dan seri Redmi. Namun menurut Winter, tren ini bakal berlanjut pada 2020 dan bakal meningkat sebagai dampak dari menurunnya perekonomian akibat pandemi Corona.



Simak Video "Harga dan Spesifikasi A51 yang Cocok Buat Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)