APU AMD Renoir Bakal Punya 8 Core?

APU AMD Renoir Bakal Punya 8 Core?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 14 Mei 2020 22:00 WIB
AMD Ryzen Generasi 2
Ilustrasi Ryzen. (Foto: AMD)
Jakarta -

Bocoran prosesor, atau tepatnya accelerated processing unit (APU) Ryzen 4000 kembali beredar yang menyebutkan kalau chip tersebut bakal punya 8 core dan 16 thread.

Bocorannya berasal dari Igor Wallosek dari Igor's Lab, yang mempublikasikan portfolio APU AMD Renoir, yang berisi sejumlah APU Ryzen anyar. Ia mengaku mendapat daftar ini dari seorang sumber yang tak disebutkan namanya.

Dalam daftar tersebut juga disebutkan banyak informasi spesifik mengenai data teknis APU yang menggunakan CPU dengan arsitektur Zen 2 dan dipasangkan dengan GPU Vega. Kombinasi ini selain bisa membuat AMD Renoir bisa memainkan game dengan nyaman sampai tahap tertentu, juga membuatnya punya kekuatan komputasi tinggi karena jumlah corenya.

Jika benar, maka jumlah core di APU AMD Renoir ini dua kali lebih banyak dibandingkan APU Ryzen terkencang sebelumnya, yaitu Ryzen 5 3400G. Kemampuan GPU terintegrasi di AMD Renoir ini pun tak main-main, shader count-nya 512, dengan kecepatan core 1,75GHz.

Kombinasi ini bisa menghasilkan kemampuan komputasi 1,8 TFLOP, setara dengan sebuah PlayStation 4. TDP-nya pun hanya 65W, terbilang rendah untuk kemampuan yang ditawarkan chip berbasis pabrikasi 7nm tersebut.

APU anyar ini diperkirakan akan menjadi pilihan menarik untuk pengguna yang mencari prosesor dengan harga di bawah USD 200. Terutama karena keberadaan 8 core dan 16 thread di CPU dan Vega GPU-nya.

AMD pun saat ini sudah merilis chipset B550 untuk motherboard, yang bakal menghadirkan teknologi PCIe 4.0 di platform AM4 berbiaya murah, demikian dikutip detikINET dari Techradar, Kamis (14/5/2020).

AMD Ryzen 4000 Renoir seri desktop ini diperkirakan akan dirilis pada pertengahan kedua 2020 dengan perkiraan harga yang tak berbeda dengan pendahulunya, yaitu di bawah USD 150.



Simak Video "Gaming GPU 7 Nanometer Pertama di Dunia, AMD Radeon VII Bisa Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)