Kebiasaan yang Bikin Baterai Ponsel Cepat Habis

Kebiasaan yang Bikin Baterai Ponsel Cepat Habis

Yudistira Imandiar - detikInet
Senin, 04 Mei 2020 08:30 WIB
Baterai ponsel
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Selain dipengaruhi oleh kapasitas, durasi pemakaian baterai ponsel tergantung pada perilaku penggunaan. Ada beberapa kebiasaan yang tak disadari membuat baterai ponsel cepat habis.

Perilaku dan kebiasaan dalam menggunakan ponsel ini sangat mempengaruhi durasi pemakaiannya karena durasi aktif ponsel dan jumlah aplikasi yang dibuka akan menyedot level energi yang berbeda-beda.

Berikut ini sejumlah kebiasaan yang membuat baterai ponsel jadi boros, mengutip DigitalTrends.

1. Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Semakin tinggi tingkat kecerahan layar akan semakin banyak menyedot energi baterai. Oleh sebab itu atur tingkat kecerahan layar serendah mungkin agar lebih hemat baterai dan tidak menyilaukan mata. Kecerahan layar ponsel juga bisa diatur secara otomatis agar dapat menyesuaikan kondisi pencahayaan lingkungan.

2. GPS Selalu Aktif

Saat GPS aktif dan ponsel memiliki akses internet, maka posisi ponsel akan diperbaharui secara berkala. Hal itu membuat sistem tetap bekerja dalam kondisi layar mati dan menyedot daya baterai. Oleh sebab itu matikan daya GPS saat tidak dibutuhkan, atau matikan izin akses GPS pada aplikasi yang tidak membutuhkan pembaruan lokasi.

3. Terlalu Banyak Widget dan Notifikasi

Memasang widget di layar utama bertujuan untuk mempermudah membuka aplikasi. Namun, aplikasi yang ada di widget akan melakukan pembaruan dan sinkronisasi secara otomatis secara berkala, yang lagi-lagi menyedot daya baterai. Pilih aplikasi yang benar-benar penting saja untuk dijadikan widget di layar utama. Selain itu, matikan notifikasi pada aplikasi yang tidak terlalu sering digunakan agar tidak terlalu sering melakukan pembaruan.

4. Menggunakan Wallpaper Berwarna Terang

Tanpa disadari wallpaper dengan warna cerah membuat layar ponsel mengerahkan lebih banyak warna. Dampaknya energi yang dibutuhkan untuk menghidupkan layar jadi lebih besar sehingga baterai cepat habis.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut membuat kamu lebih sering mengisi daya baterai ponsel. Selain mengganggu kenyamanan, terlalu sering mengisi daya baterai ponsel juga menghambat mobilitas.

OPPO Find X2OPPO Find X2 Foto: Dok. OPPO Indonesia

Namun saat ini sudah ada teknologi pengisian daya cepat SuperVOOC 2.0 Flashcharge 65 W. Teknologi yang dimiliki OPPO Find X2 tersebut membuat pengisian baterai lebih cepat, hanya butuh 38 menit untuk mengisi penuh daya baterainya.

Super VOOC 2.0 aman digunakan karena memiliki lima level perlindungan pada ponsel dan charger. Jadi tak perlu khawatir terjadi kerusakan karena masalah kelistrikan saat mengisi daya.

(prf/ega)