Samsung Ingin Kalahkan Mata Manusia dengan Sensor Kamera 600 MP

Samsung Ingin Kalahkan Mata Manusia dengan Sensor Kamera 600 MP

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 22 Apr 2020 20:53 WIB
 on January 12, 2017 in Seoul, South Korea. The independent counsel team investigating the peddling scandal involving South Korean President Park Geun-hye and her confidant Choi Soon-sil summoned Samsung Group Vice Chairman Lee Jae-yong for questioning on charges of perjury as he allegedly lied about the money Samsung donated to Choi through multiple channels in the parliamentary hearings last month.
Samsung Ingin Kalahkan Mata Manusia dengan Sensor Kamera 600 MP (Foto: Chung Sung-Jun/Getty Images)
Jakarta -

Pada tahun lalu, Samsung mengenalkan sensor kamera 108 MP untuk smartphone. Sebagian orang beranggapan sensor kamera hingga ratusan megapixel sedikit berlebihan, tapi sepertinya Samsung tidak berpendapat demikian.

Bahkan mereka menetapkan target yang lebih ambisius lagi, yakni mengalahkan mata manusia. Dikutip detikINET dari SamMobile, Rabu (22/4/2020) Samsung berniat mengembangkan sensor kamera hingga 600 MP.

Bos bisnis sensor Samsung Yongin Park dalam postingannya di blog Samsung mengatakan saat ini kemampuan mata manusia setara dengan resolusi 500 MP.

Sebagai perbandingan, kamera DSLR modern menawarkan sensor 40 MP dan kamera smartphone menawarkan sensor 12 MP, masih sangat jauh untuk bisa menyaingi kemampuan mata manusia.

Samsung berhasil menyeimbangkan kebutuhan resolusi dan ukuran pixel dengan teknologi advanced pixel binning. Untuk sensor 64 MP mereka menggunakan 2x2 pixel binning, sedangkan sensor 108 MP mereka menggunakan 3x3 pixel binning untuk meningkatkan cahaya yang diserap.

Park tidak menjelaskan lebih rinci tentang spesifikasi atau proses pengembangan sensor 600 MP ini, tapi kemungkinan akan menggunakan teknologi yang serupa.

"Di masa depan, kita bahkan mungkin dapat memiliki sensor yang dapat melihat mikroba yang tidak terlihat oleh mata telanjang," kata Park.

Sensor 600 MP tentu akan memiliki ukuran yang sangat besar dan kemungkinan tidak bisa dimuat di smartphone berukuran normal. Salah satu caranya adalah dengan mengecilkan ukuran pixel, dan Samsung telah berhasil mengenalkan sensor 0.7μm pixel.

Samsung juga akan melihat cara menerapkan sensor berukuran besar ini untuk perangkat selain smartphone seperti kendaraan otonom, drone atau perangkat Internet of Things (IoT).

Walau perjalanan Samsung masih jauh, sepertinya mereka akan selangkah lebih dekat menuju sensor 600 MP. Pada akhir tahun ini, Samsung dirumorkan akan meluncurkan sensor kamera 150 MP Nonacell untuk smartphone.



Simak Video "Permintaan Maaf Pangeran Samsung Usai Resmi Bebas Bersyarat"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)