Fitur Baru MacBook Bakal Bikin Baterai Jadi Lebih Awet

Fitur Baru MacBook Bakal Bikin Baterai Jadi Lebih Awet

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 19 Apr 2020 14:46 WIB
MacBook Pro 16 Inch
Fitur Baru MacBook Bakal Bikin Baterai Jadi Lebih Awet Foto: Apple
Jakarta -

Apple baru saja mengumumkan perubahan kecil pada MacOS. Update ini menyasar pada bagaimana sistem operasi tersebut mengatur kesehatan baterai MacBook dalam jangka panjang.

Dikutip detikINET dari Cnet, Minggu (19/4/2020) fitur tersebut dinamai Battery Health Management. Saat ini fitur tersebut masih dalam masa pengembangan dan akan tersedia pada update terbaru MacOS Catalina 10.15.5 dalam beberapa waktu ke depan.

Apple mengatakan fitur ini bekerja dengan memonitor pola pengisian dan tingkat panas baterai MacBook, lalu membuat sedikit perubahan akan bagaimana baterai laptop diisi.

Tujuannya adalah mengurangi level penuaan kimia pada baterai dan membuat usianya menjadi lebih awet. Caranya adalah dengan tidak mengisi ulang baterai hingga level maksimum atau 100% dalam beberapa kasus.

Contohnya, jika kalian pengguna yang selalu mencolokkan laptop ke sumber listrik setiap saat, menjaga level baterai terus di 100% bisa membuat usianya menjadi kurang awet. Jadi Apple akan membuat perubahan tergantung beberapa faktor yaitu temperatur sekeliling, muatan prosesor dan pola pengisian daya.

Apple mengatakan fitur ini tidak akan memiliki dampak besar pada baterai MacBook saat digunakan sehar-hari. Tapi mereka tidak menjelaskan berapa persentase pengisian yang akan dikurangi.

Fitur ini akan aktif secara default, tapi Apple memungkinkan pengguna untuk mematikannya sesuai pilihan. Apple mengatakan data terkait kesehatan baterai akan disimpan secara lokal di perangkat pengguna dan tidak dibagikan ke perusahaan, kecuali atas keinginan pengguna.

Fitur ini akan tersedia untuk semua MacBook yang mendukung Thunderbolt 3 yang mencakup semua model MacBook Pro sejak 2016 dan MacBook Air sejak 2018.



Simak Video "iPhone Dikabarkan Akan Berubah Nama Jadi Apple Phone"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/asj)