Huawei P40 Pro Mendukung 5G, Tapi...

Huawei P40 Pro Mendukung 5G, Tapi...

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 13 Apr 2020 07:10 WIB
Huawei P40 Pro
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Huawei P40 Pro dibekali Kirin 990 5G yang mendukung jaringan generasi kelima. Namun apakah bisa digunakan di Indonesia?

Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Consumer Business Groups Indonesia, mengatakan P40 Pro punya dukungan 5G. Namun pihaknya mengunci fitur tersebut lantaran aturan pemerintah.

"Aturan 5G di Indonesia masih digodok. Jadi kami mengikuti anjuran Kominfo untuk me-lock frekuensi di luar frekuensi yang diperbolehkan, yakni 4G LTE," ujar Khing.

Fitur 5G tetap masih akan dikunci kendati P40 Pro dibawa melancong ke negeri yang telah memiliki jaringan penerus 4G itu. Huawei baru akan membuka fitur tersebut bilamana Indonesia sudah resmi menerapkan 5G.

"Ketika Indonesia sudah ada 5G, maka unit akan mendapatkan update-an dari Huawei untuk membuka 5G-nya," terang Khing.

Huawei P40 ProHuawei P40 Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Huawei P40 Pro resmi hadir di Indonesia pada 10 April lalu. Sehari setelahnya mulai ditawarkan lewat pre-order.

Seperti pendahulunya ponsel ini mengedepankan kemampuan kamera. Empat kamera dipasang di bagian belakang. Kamera utamanya berukuran 50MP dengan kuran sensor 1/1.28 inch yang diklaim lebih besar dari Galaxy S20 Ultra. Selain itu dibekali filter warna RYYP.

Huawei turut memasang kamera ultrawide 40 MP dan ToF. Lalu ada kamera periscope 12 MP yang punya kemampuan zoom optik 5X.

Pembaruan yang dibawa meliputi layar dengan refresh rate 90Hz, punch hole dengan kamera 32 MP dan IR Depth.

Baterainya berkapasitas 4.200 mAh dengan dukungan fast charging 40W dan wireless charger 27W. Mampu mengisi perangkat lain dengan teknologi 27W reverse wireless charging.

Ponsel ini meliputi sertifikasi IP68 untuk ketahanan akan debu dan air dan WiFi 6. Selain itu ada asisten digital bernama Celia yang kemampuannya layaknya Siri dan Bixby. Tidak ketinggalan mampu mengontrol perangkat lain dengan men-swipe bagian bawah ponsel ini, aplikasi video chat MeeTime dan fitur berbagi file tanpa kabel Huawei Share.

Huawei P40 Pro hadir dalam dua varian warna, yakni Deep Sea Blue dan Silver Frost. Ponsel ini dibanderol Rp 14,499 juta.



Simak Video "Diboyong ke Indonesia, Berapa Harga HUAWEI P40 Pro?"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)