Edan! Ponsel Berkamera 192 MP Siap Menggebrak

Edan! Ponsel Berkamera 192 MP Siap Menggebrak

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 08 Apr 2020 07:08 WIB
Sensor Kamera Ponsel
Foto: Techrum
Jakarta -

Perang besar-besaran megapixel pada kamera ponsel bakal makin memanas. Setelah kedatangan 108 MP, akan segera menggebrak ponsel yang mengusung kamera 192 MP.

Kabar tersebut diungkap oleh Digital Chat Station di media sosial Weibo. Disebutkan pula perangkat tersebut akan memadukan kamera 192 MP dengan chipset SM7250 yang tidak lain adalah Snapdragon 765.

Snapdragon 765 sendiri memang mendukung kamera dengan sensor hingga 192 MP. Tetapi chip ini hanya mendukung snapshot (zero shutter delay) yang artinya HDR dan pemrosesan multi-frame tidak tersedia pada resolusi tersebut.

Tidak disebutkan siapa vendor yang akan membesut ponsel berkamera 192 MP. Namun clue yang diberikan Digital Chat Station malah memancing rasa penasaran.

Mereka menyebutkan ponsel tersebut dibuat oleh pabrikan yang tidak diduga sebelumnya. Nah ini yang kemudian jadi pembahasan seru.

Foto: Weibo

Selama ini yang cukup getol menghadirkan kamera beresolusi tinggi adalah Xiaomi dan Samsung. Keduanya berkolaborasi menghadirkan kamera 108 MP dan saat ini tengah menggarap ponsel dengan ukuran 150 MP yang rencananya dirilis akhir tahun ini.

Ponsel berkamera 150 MP juga tengah disiapkan Oppo dan Vivo. Perangkat tersebut dijadwalkan melenggang tahun 2021.

Huawei rasanya tidak mungkin lantaran jajaran ponselnya mengusung chipset Kirin. Lantas siapa?

Mencuatlah nama LG, vendor asal Korea Selatan ini akan mengumumkan ponsel barunya bulan depan. Dan ini sejalan yang diungkap Digital Chat Station kalau ponsel berkamera 192 MP akan dibeberkan Mei mendatang.

Bilapun benar LG rasanya tidak mengejutkan. Beberapa seri ponsel mereka sebelumnya memang mengedepankan kemampuan fotografi. Kita nantikan saja kebenarannya bulan depan.

Oh iya, detikINET pernah membahas soal kegunaan ponsel dengan kamera 108 MP bareng pengamat gadget Lucky Sebastian di podcast Obat Gaptek. Kamu bisa mendengar lengkapnya di sini.

(afr/afr)