iPhone 12 Pro Bakal Pakai Teknologi LiDAR?

iPhone 12 Pro Bakal Pakai Teknologi LiDAR?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 07 Apr 2020 14:12 WIB
Render iPhone 12 Pro
iPhone 12 Pro Bakal Pakai Teknologi LiDAR? (Foto: Phone Arena)
Jakarta -

Apple biasanya mempertahankan desain kamera yang sama selama dua tahun sebelum membuat perubahan. Tapi sepertinya kebiasaan ini diubah untuk tahun 2020 karena iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max diperkirakan akan menggunakan empat sensor untuk kamera belakangnya.

Dikutip detikINET dari Phone Arena, Selasa (7/4/2020) bocoran ini datang dari gambar yang dicuitkan pengguna Twitter @Choco_bit. Dari bio di akun Twitter-nya, sepertinya akun ini dijalankan oleh mantan Apple Authorized Service Provider dan sebelumnya pernah memberi bocoran seputar produk Apple.

Sketsa yang diunggah oleh @Choco_bit aslinya ditemukan oleh akun Instagram Concepts iPhone lewat bocoran dari iOS 14. Bocoran ini memperlihatkan desain kamera baru yang sepertinya akan digunakan oleh iPhone 12 Pro dan Pro Max.

Terlihat jelas dari sketsa tersebut iPhone baru ini akan menggunakan modul kamera belakang dengan empat sensor. Tiga sensor lainnya masih sama seperti iPhone 11 Pro yaitu kamera utama, telephoto dan ultra-wide angle.

Sedangkan sensor keempat diperkirakan sebagai LiDAR Scanner. Karena ketambahan satu sensor ini maka layout kamera belakangnya pun diubah. Flash-nya ditempatkan di bagian tengah dengan mikrofon di sudut bawah.

Jika bocoran ini benar maka iPhone 12 Pro dan Pro Max akan mengikuti jejak iPad Pro 2020 yang juga memiliki sensor LiDAR. Kemampuannya juga akan serupa seperti kegunaan untuk fitur augmented reality yang lebih mumpuni.

Belum diketahui seberapa sahih rumor ini, tapi sebelumnya memang telah ada rumor yang mengatakan bahwa iPhone 12 akan memiliki depth sensor baru di belakang. Rumor ini juga telah didukung oleh YouTuber Jon Prosser yang mengatakan ini '100% benar' dan Filip Koroy yang telah mendapat konfirmasi dari dua sumber termasuk Max Weinbach.

Lini iPhone 12 diperkirakan meluncur pada musim gugur tahun ini. Tapi mengingat pandemi virus corona yang masih berlangsung ada beberapa prediksi yang mengatakan peluncurannya akan ditunda hingga beberapa bulan.



Simak Video "Rumor iPhone 12 Pro Bakal Sematkan Sensor LiDAR"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)