Minggu, 22 Mar 2020 17:09 WIB

Rumor Sensor 150 MP 'Hampir 1 Inch' Samsung, Bakal Seperti Apa?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Samsung Galaxy A01 Rumor Sensor 150 MP 'Hampir 1 Inch' Samsung, Bakal Seperti Apa? Foto: Samsung
Jakarta -

Sebuah rumor menarik beredar, Samsung diklaim akan merilis sensor CMOS 150MP ISOCELL berukuran hampir 1 inch. Sensor ini dapat hadir di smartphone flagship Samsung yakni setelah Q4 dari 2020. Bakal seperti apa ponsel tersebut?

Rumor pertama kali muncul di broad message Korea, Clien, sebelum akhirnya merebak di Twitter. Dari unggahan ini bisa diperkirakan 1 inch nanocell sensor, artinya bakal lebih besar dari sensor 108 MP saat ini, yang ditemukan di Galaxy S20 Ultra. Sebagai perbandingan, sensor kamera 108MP pada Samsung Galaxy S20 Ultra punya dimensi 1/1,33 inch.

Lebih lanjut, kemungkinan sensor ini akan dipasarkan sebagai sensor 144 MP yang mengambil foto 16 MP dalam kondisi normal, atau pemotretan resolusi penuh ketika ada cukup cahaya, demikian dikutip dari PetaPixel.

Pengamat gadget Lucky Sebastian sebelumnya menjelaskan bahwa semakin besar sensor, maka ada banyak perubahan berarti yang dibawa ponsel tersebut.

"Secara teori, semakin besar ukuran pixel sensor kamera, semakin banyak cahaya yang bisa ditangkap. Ini sangat berguna saat pemotretan di kondisi low-light atau minim cahaya," ujarnya.

Itu berarti, gambar yang dihasilkan akan menjadi lebih baik, gambar yang dipotong atau di-zoom juga akan lebih baik.


Unggahan selanjutnya mengatakan bahwa Xiaomi, Oppo dan vivo dijadwalkan untuk menempatkan sensor ini di smartphone ketiganya. Oppo dan Vivo sedang mengembangkannya untuk menggabungkan dengan Snapdragon 875 di kuartal pertama tahun depan.

Sensor yang disebut '1 inch type' adalah sensor ukuran yang sama yang digunakan pada kamera RX10 dan RX100 Sony. Pertanyaan selanjutnya, bakal seperti apa tampilan ponsel ini? Seberapa tebalnya? Diperkirakan tampilan ketiga brand tersebut akan cenderung tidak jauh berbeda.

Jika rumor ini ternyata benar, kita bisa lihat buktinya pada awal tahun depan. Sehebat yang dibayangkan? Nantikan saja.



Simak Video "Unboxing Samsung Galaxy M31 yang Ditenagai 6.000 mAh"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)