Jumat, 20 Mar 2020 20:30 WIB

Prototipe Ponsel Bapak Android yang Gagal Produksi Terkuak

Virgina Maulita Putri - detikInet
Essential Phone 2 dan 3 Prototipe Essential Phone 2 dan 3 yang Gagal Produksi Terkuak Foto: Kevin Hoffman
Jakarta -

Essential, startup ponsel besutan Andy Rubin, sang pencipta OS Android, memang sudah gulung tikar pada bulan lalu. Vendor seumur jagung ini memang hanya berhasil meluncurkan satu ponsel yang dinamakan Essential Phone, tapi mereka ternyata telah mengembangkan dua prototipe yang gagal diproduksi.

Desain prototipe ini diungkap oleh Kevin Hoffman, mantan Lead Designer Essential. Dikutip detikINET dari 9to5Google, Jumat (20/3/2020) Hoffman lewat sebuah postingan di situsnya membagikan sejumlah foto kedua perangkat tersebut sekaligus cerita di balik pengembangannya.

Prototipe pertama adalah Essential PH-2 yang terlihat berbeda dibanding pendahulunya. Desain bagian belakangnya masih terlihat sama, dengan dua kamera, pin magnetik dan sensor sidik jari.

Tapi di bagian metal yang membingkai empat sisinya terlihat membulat, tidak mengotak seperti Essential Phone. Kaca yang melapisi bagian belakangnya terlihat matte dan layarnya menggunakan kaca 2.5D.

Notch membulat juga kembali hadir di layar PH-2 dengan dagu yang cukup besar. Hoffman mengatakan jika ponsel ini jadi diproduksi maka PH-2 akan memiliki sertifikasi waterproof IP68.

Hoffman juga mengatakan bahwa PH-2 dihentikan pengembangannya setelah tahap kedua uji coba EVT. Artinya ponsel ini sudah sangat dekat dengan waktu peluncuran.

Sayangnya, Rubin sendiri yang memutuskan menghentikan pengembangannya karena ingin mendahulukan lini Essential Home yang akhirnya juga tidak pernah meluncur ke pasar.

Selanjutnya ada PH-3, perangkat hingga awal tahun ini masih dikembangkan oleh Essential. Produk ini dirancang dengan material yang berbiaya rendah, menunjukkan bahwa Essential ingin memasarkan PH-3 sebagai ponsel terjangkau.

Essential PH-3Essential PH-3 Foto: Kevin Hoffman

Jika meluncur, PH-3 akan menggunakan display OLED yang sudah ada. Selain itu kaca 2.5D juga akan digunakan untuk bagian depannya dan aluminium untuk seluruh bagian bodi.

Ada tiga kamera belakang yang ditempatkan dalam modul aluminium berbentuk kotak. Keempat sisinya juga mengotak, sebagai bentuk tribut terhadap ponsel Essential versi original.



Simak Video "IdeaFest: Ajang Kumpul Bagi yang Ingin Mengembangkan Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)