Oppo: Tahun Ini Bakal Banyak Produk AI

Oppo: Tahun Ini Bakal Banyak Produk AI

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 10 Mar 2020 21:35 WIB
Aryo Meidianto, Oppo Indonesia
Oppo: Tahun Ini Bakal Banyak Produk AI (Foto: detikINET/Aisyah Kamaliah)
Jakarta -

Oppo dikenal dengan penggunaan Artificial Intellegence (AI) yang digunakan untuk kamera dan berbagai hal lainnya. Oppo Indonesia pun membocorkan bahwa tahun ini akan ada banyak produk AI yang diluncurkan.

"AI, benar sekali ada di kamera depan dan belakang. Oppo juga sama seperti yang lain, kami bertransformasi bukan hanya jadi smartphone company, kami mau jadi technology company," kata Aryo Meidianto PR Manager Indonesia.

Aryo menyebutkan sebenarnya Oppo sudah cukup akrab dengan dunia AI. Ia mencontohkan smartphone Oppo F5 di mana Oppo memakai algoritma AI untuk fitur percantik atau beautification. Namun dengan AI, elemen dan sampel sebuah data base dari Oppo membuat pengaruh bagaimana cara orang tampak lebih menarik.

Misalnya, kulit orang Asia akan nampak natural seperti kulit Asia yang putih atau kuning langsat. Nah, begitu orang Eropa misalnya, warna kulitnya otomatis akan mengikuti karena adanya AI ini.

"2020 akan selaras, kita fokus AI, IoT (Internet of Things) dan 5G. AI yang akan muncul kebanyakan betul dari sektor kamera dan sistem operasi serta kecerdasan buatan yang kami integrasikan lewat voice," ucap Aryo.

Makin maju, Oppo memperkenalkan AI virtual assistence bernama Breeno pada 2018. Kendati demikian untuk produk IoT, Aryo mengakui masih belum terlalu banyak IoT yang diluncurkan hingga saat ini.

"IoT-nya Oppo kita baru sedikit, smartwatch, wireless earphone, dan AR glass dan router 5G. Untuk Breeno, ini bisa mengendalikan semuanya. Apa yang dibawa Oppo ini sebenarnya smarthome. Oppo sendiri akan melakukan investasi banyak di Litbang USD 1,34 miliar untuk AI, IoT, dan 5G, dan ini baru di tahun 2019. Nanti teman-teman lihat 2020 akan ada banyak produk AI," kata Aryo optimis.

Sebagai penutup, Aryo mengarakan IoT perlu kesiapan karena masih dibutuhkan edukasi apa itu perangkat IoT dan gunanya. Sebagai bocoran, ia mengatakan Enco Free akan masuk tahun ini dan akan dipasarkan dari tanggal 7, disusul smartwatch, lalu 5G router, dan lainnya. Intinya, Oppo masih ingin memahami pasar terlebih dahulu.



Simak Video "Mengintip Penampakan Oppo Reno3"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)